5 Tips Hilangkan Kulit Kaki Pecah-pecah Secara Alami

Tips menghilangkan kulit kaki pecah-pecah secara alami. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Bikin tidak percaya diri, tetapi tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah di sini. Kulit kaki pecah-pecah menandakan bahwa kulit telah kehilangan kelembapan nya. Masalah kulit kaki pecah-pecah paling sering dialami oleh wanita.


Apabila terus dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, bisa menyebabkan infeksi serius. Yuk, mulai rawat kesehatan kulit kaki Anda dari rumah. Dilansir dari Cnfstore, Rabu (1/2/2023, berikut lima cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah secara alami:

1. Rendam Telapak Kaki pada Air Hangat
Pertama, cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah adalah rendam telapak kaki pada air hangat. Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali dengan merendam telapak kaki pada air hangat selama 10 sampai 15 menit.
Gosokkan scrub yang berasal dari campuran garam, lidah buaya, dan minyak kelapa. Anda juga bisa menggunakan batu apung atau loofah khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial yang Anda suka untuk menambah kenyamanan pada kaki.


2. Melembapkan Area Tumit Secara Rutin
Kemudian, pentingnya melembapkan area tumit secara rutin. Gunakan pelembap setiap hari untuk mencegah kulit di area tumit kering dan pecah-pecah. Pelembap alami dengan kandungan shea butter, minyak zaitun atau minyak kelapa mampu melembabkan, menghaluskan, dan menjaga minyak alami kulit di area tumit.

Pelembap dalam bentuk krim, lotion, dan salep dapat mengunci kelembaban kulit dan memperbaiki kulit pecah pecah. Hindari produk dengan kandungan pewangi, retinoid, alkohol atau asam alfa hidroksi yang bisa memicu kulit kering dan sensitif.


3. Gunakan Lulur Oatmeal
Cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah selanjutnya adalah gunakan lulur oatmeal. Bahan alami ini dipercaya sejak lama dalam mengatasi iritasi dan peradangan pada kulit.Oatmeal bisa diolah menjadi lulur untuk merawat kulit kaki yang pecah pecah. Kandungan polisakarida pada oatmeal mampu mengikat air dan hidrokoloid untuk menahan kelembaban kulit.

Lemak pada oatmeal juga bisa menambah aktivitas emolien yang bermanfaat untuk meredakan gatal pada kulit kering. Campurkan 1 sdm oats kering dan 1 sdm minyak zaitun hingga membentuk pasta. Lumuri kaki pecah pecah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas bersih. Anda bisa lakukan perawatan mudah ini dua hari sekali hingga kondisi kaki membaik.


4. Oleskan Ramuan Madu
Berikutnya, oleskan ramuan madu juga. Atasi masalah tumit pecah-pecah dengan merendam kaki menggunakan ramuan madu secara rutin.Madu merupakan antiseptik dan anti mikroba yang dapat membantu menyembuhkan masalah kulit pada tumit.

Penggunaannya pun cukup mudah dengan mencampurkan satu gelas madu ke dalam wadah yang berisi air hangat.

Setelah itu, masukkan kaki dan rendam selama beberapa saat. Kemudian, gosok bagian tumit secara perlahan pada bagian kulit yang mengalami pecah-pecah.Anda juga bisa menjadikan madu sebagai masker obat dengan mengoleskan nya pada tumit kaki dan didiamkan semalaman


5. Gunakan Alas Kaki yang Tepat
Cara menghilangkan kulit kaki pecah-pecah lainnya adalah gunakan alas kaki yang tepat. Bisa jadi masalah kaki pecah pecah yang muncul selama ini terdapat pada alas kaki yang Anda gunakan. Alas kaki yang sempit dapat membatasi ruang gerak tumit.

Gunakan alas kaki dengan bantalan di belakang kaki, tidak terbuka, dan dapat melindungi saat melakukan aktivitas atau kontak dengan air.Supaya lebih terlindungi, gunakan kaus kaki setelah mengoleskan pelembab, untuk mengurangi gesekan, menyerap keringat, dan menjaga kelembaban kulit kaki agar tidak pecah pecah. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *