5 Nutrisi Penting untuk Optimalkan Kesehatan dan Cegah Penyakit Kronis Menurut Ahli

Nutrisi penting untuk mengoptimalkan kesehatan. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Setiap 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi dan Makanan. Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah gizi dalam tubuh. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap dari kita membutuhkan nutrisi dari makanan sehat agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Pentingnya makanan sehat ini diungkapkan oleh Natalie Stephans, RDN, LD selaku ahli diet yang terdaftar di Ohio State University Medical Center.


Menurutnya, makan sehat tidak hanya mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker, tetapi juga meningkatkan energi dan suasana hati, meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Nah, untuk itu, maka perlu diketahui apa saja nutrisi penting nan esensial bagi tubuh. Dilansir dari Everyday Health, Rabu (25/1/2023), berikut 5 nutrisi penting untuk memaksimalkan kesehatan:

1. Karbohidrat
Kate Patton, MEd, seorang ahli diet yang terdaftar di Cleveland Clinic Ohio menjelaskan bahwa karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh dan sumber bahan utama untuk bakar otak. Tubuh memecah karbohidrat menjadi glukosa, yang dibutuhkan sel untuk menciptakan energi.

Sumber karbohidrat terbaik adalah biji-bijian utuh dan makanan yang terbuat dari biji-bijian tersebut. Lebih lanjut, ia menganjurkan untuk membatasi asupan gula dan biji-bijian olahan, termasuk di antaranya nasi putih, roti putih dan pasta putih.


2. Protein
Direktur nutrisi klinis Rebecca Solomon, RD, CDN, menjelaskan bahwa protein adalah salah satu sumber energi penting bagi tubuh. Protein terdiri dari asam amino yang bertindak sebagai blok bangunan utama tubuh untuk jaringan, seperti otot, kulit, tulang, dan rambut.
Protein juga berperan dalam produksi enzim, hormon, dan antibodi. Beberapa sumber protein terbaik adalah daging tanpa lemak, makanan laut, unggas, kacang-kacangan, telur, produk kedelai dan lainnya.

3. Lemak
Selanjutnya adalah lemak yang fungsi utamanya menyediakan energi cadangan. Kate Patton menjelaskan bahwa tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi ketika karbohidrat tidak tersedia. Selain itu, lemak juga dibutuhkan sebagai isolasi untuk membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak dan untuk melindungi organ-organ dalam tubuh.

United States Department of Agricultures (USDA) mencatat bahwa lemak sehat terbaik adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda cair yang bisa ditemukan dalam minyak bunga matahari, minyak zaitun, minyak jagung, biji-bijian, alpukat dan beberapa bahan makanan lainnya.


4. Vitamin dan Mineral
Vitamin dan mineral memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan yang optimal. Vitamin dan mineral menjadi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal. Masing-masing memiliki peranan dalam menjaga kesehatan. Contohnya, kalsium dan vitamin D diperlukan untuk tulang yang sehat. Sementara itu, vitamin B dapat membantu mendukung sistem saraf.

Vitamin dan mineral bisa didapatkan dari berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, produk susu dan sumber protein tanpa lemak. Makan dan pilihlah buah dan sayuran berwarna-warni setiap hari serta barengi dengan protein.


5. Air
Siapa sih yang tidak kenal dengan komponen kehidupan yang satu ini. Ya, air juga termasuk salah satu nutrisi esensial bagi tubuh. Bahkan Beauties mungkin sudah tidak asing lagi dengan ungkapan “makhluk hidup bisa hidup selama berminggu-minggu tanpa makanan tetapi tidak jika tanpa air”.

Ungkapan ini seakan memberitahu begitu pentingnya air dalam pertahanan hidup. Air adalah nutrisi penting yang terlibat dalam banyak fungsi vital tubuh. Air dapat membantu mendistribusikan nutrisi penting ke sel-sel tubuh. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *