5 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Jantung pisang pasti sudah banyak yang melihat dan mengetahuinya. Namun, manfaat dari mengonsumsi jantung pisang untuk kesehatan mungkin belum banyak diketahui. Ya, tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, jantung pisang pun dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan tubuh.


Selama ini, karena kurangnya pengetahuan tentang manfaatnya, jantung pisang sering dibuang begitu saja. Padahal, banyak manfaat jantung pisang bisa didapatkan melalui berbagai olahannya yang lezat. Dikutip dari Alodokter, Minggu (31/7/2022), dalam satu jantung pisang terdapat berbagai nutrisi penting, seperti kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, asam amino esensial dan nonesensial yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, jantung pisang juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin, terutama di bagian bunganya.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat jantung pisang untuk kesehatan:

1. Melancarkan pencernaan
Serat pada jantung pisang didominasi oleh serat tidak larut air. Jenis serat ini diketahui sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Serat ini juga dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, maag, wasir, dan radang usus.


2. Membantu mengontrol kadar gula darah
Jantung pisang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis ketika dimakan.

Selain itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga dapat memperlambat penyerapan gula di usus. Kandungan serat ini juga diduga dapat meningkatkan kerja hormon insulin, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan pasien diabetes tipe 2 yang mengalami kelebihan berat badan.

3. Mencegah penyakit kanker
Antioksidan dalam jantung pisang berperan penting untuk melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas. Paparan radikal bebas yang berlebihan dalam jangka panjang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit kronis, termasuk kanker.

Jantung pisang juga diketahui memiliki efek antiperadangan dan antitumor sehingga dapat menurunkan risiko tumor tumbuh dan menyebar. Manfaat jantung pisang ini pernah dibuktikan pada penelitian tentang tumor prostat jinak (BPH), tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.


4. Mencegah penuaan dini
Tingginya kandungan vitamin E pada jantung pisang juga memberikan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E terbukti mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang sehat akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel, serta mengurangi kerutan di wajah.

Selain mencegah penuaan dini, vitamin E juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri.

5. Mengatasi masalah menstruasi
Perempuan yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari jantung pisang. Rutin mengonsumsi jantung pisang diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin yang bisa mengurangi nyeri dan pendarahan berlebih saat menstruasi atau menorrhagia.

Tidak hanya itu, jantung pisang juga diduga bermanfaat untuk menjaga berat badan ideal, memelihara kesehatan mata, dan mencegah penyakit jantung. Meski begitu, beberapa manfaat jantung pisang tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut.

Setelah membaca artikel ini, Anda jadi tahu bahwa ada banyak manfaat jantung pisang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai menjadikan jantung pisang sebagai bagian dari hidangan lezat di meja makan Anda. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *