5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan yang Kurang Diketahui

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan. (Foto: Healthify Me)

Sukoharjonews.com – Buah Alpukat, salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat. Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Selain itu, buah yang kaya akan nutrisi ini juga sering digunakan untuk menurunkan berat badan.


Buah Alpukat juga mempunyai rasa manis yang lezat serta dapat memberikan energi tambahan karena mengandung pemanis alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Mengutip dari Healthline, Sabtu (3/12/2022), berikut manfaat buah alpukat untuk kesehatan:

1. Sumber nutrisi yang sangat baik
Alpukat kaya akan sejumlah nutrisi penting, banyak di antaranya kurang dalam diet modern. Alpukat kaya akan banyak nutrisi, termasuk serat, lemak sehat, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, potasium, magnesium, dan folat. Menikmatinya secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas diet secara keseluruhan.

2. Bermanfaat untuk kesehatan usus
Alpukat kaya serat, yang penting untuk sistem pencernaan yang sehat. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat bermanfaat bagi kesehatan usus dengan meningkatkan keragaman bakteri dan mengurangi konsentrasi asam empedu tinja.


3. Dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung
Alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL pelindung jantung dan menurunkan kadar kolesterol LDL teroksidasi, sejenis kolesterol yang secara signifikan terkait dengan aterosklerosis, atau akumulasi plak di sepanjang dinding arteri.

4. Sumber senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang kaya
Karena alpukat tinggi antioksidan , makan alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh. Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 45 orang menemukan bahwa makan alpukat sehari meningkatkan kadar lutein karotenoid dalam darah dibandingkan dengan diet khas Barat tanpa alpukat.

5. Pilihan cerdas selama hamil dan menyusui
Kebutuhan folat meningkat secara signifikan selama kehamilan. Sayangnya, banyak ibu hamil di seluruh dunia tidak memenuhi asupan folat yang direkomendasikan, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. Selama kehamilan dan menyusui, kebutuhan Anda akan banyak nutrisi meningkat secara signifikan. Menikmati alpukat adalah cara cerdas untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral tertentu seperti folat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6. (cita septa/mg).


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *