Tips  

5 Makanan untuk Melancarkan Haid yang Tidak Teratur

Ilustrasi.

Sukoharjonews.com – Seorang wanita sering kali mencari cara melancarkan haid. Hal ini disebabkan seringkali siklus haid wanita tidak teratur setiap bulannya. Siklus normal haid 28-36 hari dengan durasi haid 3-7 hari selama satu bulan. Haid atau menstruasi dapat dikatakan tidak lancar ketika jadwal datang bulan lebih lambat atau lebih cepat dari sebelumnya.


Berikut ini lima makanan yang dapat membantu melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur dikutip dari Channel Youtube Pauline Wahyuni:

1. Makanan yang mengandung vitamin B
Makanan yang mengandung vitamin B yaitu makanan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus. Makanan tersebut mengandung vitamin B yang tinggi. Jadi selain makanan yang mengandung vitamin B ini bagus untuk memperlancar haid juga meredakan gejala PMS. Gejala seperti keram perut, sakit pinggang, terasa nyeri buah dada, emosi naik turun itu bisa diredakan dengan sayuran hijau.

2. Makanan yang mengandung vitamin D
Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari. Sinar matahari memang kaya akan vitamin D, makanya kalian harus berjemur terutama di jam sepuluh pagi itu sinar mataharinya akan kaya akan vitamin D. Jika tidak dapat dari sinar matahari bisa di dapatkan dari makanan seperti susu, keju, yoghurt, dan lain-lain. Semua itu sangat membantu untuk memperlancar siklus haid atau mestruasi yang tidak teratur.

3. Buah pepaya
Buah pepaya terbukti bagus banget untuk melancarkan haid. Kenapa buah pepaya bisa melancarkan haid? Karena buah pepaya itu mengandung kandungan karoten. Karoten adalah nutrisi yang baik yang bisa menjaga kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Dengan terjaganya kadar hormon estrogen didalam tubuh itu membatu memperlancar siklus haid atau mestruasi. Selain itu buah pepaya sangat bagus untuk tubuh dan juga bisa membantu pencernaan lebih lancar.

4. Jahe
Jahe terbukti bisa melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur. Jahe juga bisa membantu untuk meredakan gejala PMS menganggu seperti nyeri perut atau suasana hati yang naik turun bisa mengkonsumsi jahe. Kalau kalian tipe yang darahnya banyak banget saat haid kalian bisa mengkonsumsi jahe. Jahe terbukti bisa untuk mengurangi volume darah menstruasi yang memang keluarnya secara berlebihan. Tapi ingat, konsumsi jahe jangan terlalu banyak karena bisa memicu asam lambung dan sakit perut.

5. Buah nanas
Buah nanas mengandung bromelain. Bromelain adalah enzim yang bagus karena untuk melembutkan dinding rahim sehingga aliran darahnya itu lebih mudah untuk turun. (latifa-magang 02/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *