5 Cara Mudah untuk Mengatasi Stress

Cara mudah mengatasi stress. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Padatnya aktivitas yang dilakukan seringkali membuat banyak orang yang merasa jenuh. Kejenuhan yang terus-menerus bertambah setiap harinya akan memunculkan masalah yang lebih besar lagi, yakni stress.


Stress adalah reaksi tubuh seseorang baik secara fisik maupun emosional apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. Dilansir dari Beautynesia, Senin (9/1/2023) ada 5 cara mudah mengatasi stres, simak berikut:

1. Olahraga rutin
Salah satu cara yang diklaim mampu mengatasi stres ialah dengan melakukan olahraga secara rutin. Sudah rahasia umum bila olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menyehatkan fisik, olahraga juga dapat menyehatkan psikis.

2. Mengungkapkan keluh kesah
Agar kamu ingin terbebas dari stres, salah satu cara yang ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengungkapkan keluh kesah yang kamu simpan. Dengan memendam perasaanmu, kamu akan semakin tertekan sehingga akan meningkatkan rasa stress pada dirimu.


3. Melakukan Aktivitas yang Menyenangkan
Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi stres adalah dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Ketika dalam satu minggu kamu disibukkan dengan berbagai pekerjaan, diselang tersebut kamu perlu melakukan kegiatan yang menyenangkan.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Selain melakukan olahraga secara rutin, untuk mengatasi stres kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Kamu bisa melakukannya dengan makan makanan bernutrisi, tidur yang cukup, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang.


5. Melakukan meditasi
Meditasia dalah suatu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Ketika kamu sedang merasa stress, kamu bisa melakukan kegiatan ini selama 10–15 menit dan dilakukan sebanyak 4–5 kali dalam seminggu.

Dengan melakukan meditasi, kamu dapat menurunkan kadar hormon stress, yaitu kortisol, sehingga kamu akan merasa lebih tenang. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *