3 Teknik Memori yang Patut Dicoba agar Mengingat Banyak Hal

Tips Teknik Memori. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Kamu tentu setuju jika daya ingat yang baik merupakan dambaan banyak orang. Tidak hanya dibutuhkan dalam proses belajar, melainkan juga untuk dunia pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Namun, nyatanya tidak semua orang dapat mengingat dengan baik. Mungkin kamu pernah bertemu atau merasakan sendiri bagaimana kelupaan tengah melanda.


Meskipun ini suatu hal yang lumrah untuk terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa teknik memori agar bisa meningkatkan kemampuan mengingatDilansir dari dari laman ClearIAS, Selasa (31/1/2023), berikut ini adalah beberapa teknik memori untuk mengingat apapun:

1. Teknik Mnemonik FrasK
Teknik pertama yang bisa Beauties coba adalah mnemonik frasa. Sesuai namanya, teknik ini menekankan pada frasa. Adapun kunci dari teknik ini terletak pada huruf pertama dari kata yang ingin diingat. Hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah usahakan untuk menggunakan frasa menarik yang familiar agar proses mengingat kamu jadi lebih mudah.

Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengingat nama-nama planet Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto maka kamu bisa mengingatnya dengan menciptakan kalimat “My very excellent mother just served us nine pizzas”. Bisa dilihat bahwa awalan dari kalimat ini menggunakan huruf awal dari nama-nama planet (dalam bahasa Inggris). Selain itu, makna kalimatnya juga tidak asing sehingga relatif lebih mudah untuk diingat.


2. Teknik Mnemonik Gambar
Selain teknik mnemonik frasa, ada juga teknik mnemonik gambar yang bisa dicoba. Teknik ini mengandalkan gambar sebagai media untuk meningkatkan ingatan akan suatu hal. Adapun gambar yang digunakan di sini sengaja dibuat untuk merepresentasikan informasi yang ingin diingat.

Sebagai contoh, kamu ingin mengingat BAT (Barbiturates, Alcohol dan Tranquilizers) yang merupakan obat depresan. Dengan teknik mnemonik, kamu bisa visualisasikan menjadi gambar kelelawar (bat) lemas dan tertekan yang menggunakan Barbiturat, Alkohol, dan obat penenang.


3. Teknik Mnemonik Musik
Selain mnemonik frasa dan gambar, terdapat pula teknik mnemonik musik. Nah, mungkin jika flashback kembali ke belakang, sewaktu kanak-kanak, Beauties pernah mengingat urutan abjad lewat lagu berjudul ‘ABCDEFG’.

Selain itu, tentu banyak lagi lagu-lagu lainnya yang dimaksudkan untuk mengingat sesuatu. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk mengingat hal-hal lain yang diinginkan. Menggunakan lagu dapat menjadi alternatif karena relatif lebih familiar, bahkan jika dibandingkan dengan prosa. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *