28 Nakes Kembali Positif, Puskesmas Mojolaban, Bulu dan Kartasura Ikut Ditutup

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tenaga kesehatan (nakes) di Sukoharjo bertumbangan terkena virus corona. Dari update per 15 Juli kemarin, nakes di tiga Puskesmas terkonfirmasi positif corona. Masing-masing Puskesmas Mojolaban, Bulu dan Kartasura sehingga tiga puskesmas tersebut ikut ditutup selama 14 hari menyusul Puskesmas Sukoharjo. Untuk pelayanan, sementara dialihkan ke Puskesmas terdekat lainnya.



“Nakes yang terkonfirmasi positif setekah koordinasi dengan kepala Puskesmas diketahui ada yang bekerja di upaya kesehatan perseorangan maupun upaya kesehatan masyarakat sehingga kami memutuskan tiga Puskesmas tersebut ditutup pelayanannya,” jelas Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Kamis (16/7/2020).

Dikatakan Yunia, untuk Puskesmas Mojolaban ada 11 nakes yang positif, Puskesmas Kartasura 13 nakes, dan Puskesmas Bulu empat nakes sehungga totalnya 28 nakes dari tiga Puskesmas tersebut. Namun, tidak semua data nakes positif tersebut masuk data Sukoharjo karena ada yang merupakan warga luar Sukoharjo. Sehingga, dari 28 nakes positif tersebut, yang masuk data Sukoharjo hanya 16 orang.

“Kami masih melacak sumber penularan para nakes ini serta melacak kontak eratnya di internal Puskesmas maupun dari pihak keluarga,” ujarnya.

Untuk nakes yang bukan warga Sukoharjo, Yunia mengaku data dikembalikan ke daerah asalnya. Seperti yang terjadi di Solo dimana ada nakes warga Sukoharjo, maka data juga masuk ke Sukoharjo meski bekerja di Kota Solo. Dengan penutupan tersebut, pelayanan untuk Kartasura dialihkan ke Puskesmas Gatak dan Baki, Puskesmas Mojolaban dialihkan ke Polokarto dan Grogol dan Puskesmas Bulu dialihkan ke Nguter dan Tawangsari.

“Kami imbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan karena sudah banyak nakes di Sukoharjo yang terkena virus. Saling menjaga diri dan orang lain juga,” ujar Yunia. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed