22 Pejabat Ikuti Uji Kompetensi, Bersaing Menjadi Yang Terbaik Untuk 7 Jabatan

Sekda Sukoharjo, Widodo saat membuka Uji Kompetensi lelang jabatan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 22 pejabat yang lolos seleksi administrasi mengikuti tahapan Uji Konpetensi selama dua hari, 27-28 Juli di Swiss-BelHotel Solo. 22 pejabat tersebut terdiri dari sejumlah camat, kepala bidang, sekretaris dinas dan juga sekretaris camat. Dalam Uji Kompetensi tersebut, Panitia Seleksi (Pansel) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS.




Uji Kompetensi tersebut dibuka oleh Sekda Sukoharjo, Widodo yang berharap semua peserta dapat mengikuti proses seleksi sampai tahap akhir. Menurutnya, Kepala OPD yang saat ini kosong membutuhkan personil yang mumpuni dan dapat membantu Bupati/Wakil Bupati untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“Kami membutuhkan pimpinan yang cakap menterjemahkan program yang telah ditetapkan oleh Bupati. Yang mengikuti seleksi ini adalah orang-orang pilihan, karena tidak setiap pegawai/pejabat dapat mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama seperti yang diselenggarakan pada saat ini,” ujar Sekda.

Sedangkan Team Leader Asesor LPPM UNS, Tuhana menyampaikan, Uji Kompetensi meliputi uji kompetensi manajerial, kompetensi bidang dan kompetensi sosio kultural. Kriteria hasil uji kompetensi ada tiga kategori, yakni Memenuhi Syarat (MS), Masih Memenuhi Syarat (MMS), dan Kurang Memenuhi Syarat (KMS).

Sementara itu, Ketua Pansel, Anwar Hamdani mengemukakan, peserta Uji Kompetensi adalah peserta yang telah dinyatakan memenuhi syarat (lolos) seleksi administrasi. Hasil Uji Kompetensi akan diumumkan lima hari setelah pelaksanaan Uji Kompetensi. “Peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu uji gagasan/program dan wawancara,” kata Anwar.

Anwar menambahkan, Pansel akan bekerja sesuai aturan yang ada yaitu mengacu UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan MENPAN dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di lingkungan Instansi Pemerintah. Dalam melaksanakan seleksi pansel akan bekerja secara obyektif, transparan, profesional dan akuntabel.

Seperti diketahui, lelang dilakukan untuk tujuh jabatan, masing-masing Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, serta Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *