2018, Ada Wacana Pembukaan Lowongan CPNS di Sukoharjo

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Drs Agus Santosa saat menyerahkan SK kenaikan pangkat pada PNS Pemkab Sukoharjo beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com – Pemerintah pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyatakan akan membuka lowongan CPNS untuk daerah tahun 2018 nanti. Terkait hal itu, Pemkab Sukoharjo menunggu instruksi resmi dari pusat. Yang jelas, Sukoharjo siap mengajukan formasi kebutuhan CPNS jika sudah diinstruksikan.

“Daerah hanya bisa menunggu resminya dari pusat. Sebelum ada instruksi resmi daerah tidak bisa berbuat apa-apa,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (05/12).

Dikatakan Agus, informasi soal rekrutmen CPNS di daerah dari sudah dia ketahui dari media massa. Menurutnya, saat ini Kabupaten Sukoharjo memang membutuhkan CPNS baru khususnya untuk tenaga kependidikan dan kesehatan. Sukoharjo sendiri sudah melakukan moratorium rekrutmen CPNS sejak beberapa tahun lalu. Disisi lain, tiap tahun jumlah PNS yang pensiun rata-rata sebanyak 350-400 orang. Jika moratorium berjalan lima tahun saja, jumlah PNS berkurang hingga 2.000 orang.

Kalau ada rekrutmen CPNS, ujar Agus, pemerintah pusat akan memberikan surat resmi ke daerah. Termasuk petunjuk pelaksanaan (juklak) maupun petunjuk teknis (juknis). “Kalau iya ada rekrutmen, pusat dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan meminta daerah mengajukan formasi CPNS yang dibutuhkan,” paparnya.

Agus menilai, saat ini yang mendesak dibutuhkan adalah tenaga kependidikan dan kesehatan. Hanya saja, kepastian jadi tidaknya rekrutmen CPNS di daerah termasuk Sukoharjo masih menunggu informasi resmi dari pusat. Soal jumlah kebutuhan CPNS secara detil, Agus mengaku tidak hafak karena menjadi ranah Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP).

Terpisah, Kepala BKPP Sukoharjo Joko Triyono mengaku belum ada informasi resmi terkait informasi rekrutmen CPNS tahun 2018 mendatang. Yang jelas, Joko mengaku siap mengajukan formasi kebutuhan CPNS jika sudah ada instruksi dari pemerintah pusat. Joko mengaku, saat ini jumlah PNS di Kabupaten Sukoharjo tinggal 8.413 orang.

“Rekrutmen CPNS di daerah kewenangan pusat. Daerah hanya melaksanakan saja. Kalau ada pembukaan lowongan CPNS, pasti langsung kami umumkan,” tandasnya.

Joko mengakui, jumlah PNS di Sukoharjo berkurang tiap tahunnya karena banyak yang pensiun. Sesuai data yang ada, rata-rata jumlah PNS yang pensiun tiap tahun mencapai 350-400 orang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar yang pensiuan adalah tenaga pendidik atau guru. Untuk itu, kebutuhan CPNS Sukoharjo lebih banyak untuk tenaga kependidikan dan juga kesehatan.

“Hingga saat ini belum ada SE dari pusat soal rekrutmen CPNS 2018. Kita tunggu saja,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.