10 Menit Turunkan Berat Badan yang Efektif untuk Pemula

10 menit turunkan berat badan yang efektif untuk pemula. (Foto : Shutterstock)

Sukoharjonews.com – Olahraga memang dianggap cara paling efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan tubuh. Namun banyak orang, terutama pemula, merasa sudah sangat rajin berolahraga, namun hasilnya tidak kunjung nampak.


Dilansir dari Eat This Not That, Kamis (16/3/2023), kebanyakan pemula belum memahami cara efektif untuk menurunkan badan. Padahal, para pemula justru paling berpotensi mendapatkan hasil signifikan, bahkan jika kamu hanya punya waktu 10 menit setiap hari untuk berolahraga.

1. Goblet Squat
Squat dan berbagai variasinya memang dianggap salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan sekaligus menguatkan tubuh bagian bawah. Untuk memberikan hasil yang lebih dramatis, cobalah goblet squat, di mana kamu melakukannya dengan membawa dumbbell atau kettlebell.

Pegang salah satu ujung dumbbell dengan kedua tangan (sesuaikan berat beban dengan kemampuan), tempatkan sejajar dengan dada, dengan siku di bawah. Setelahnya, berdirilah selebar bahu dan jari-jari kaki sedikit mengarah ke luar.

Jika posisimu sudah benar, mulai lakukan gerakan duduk-berdiri-duduk (tanpa kursi). Saat menurunkan tubuh, pastikan punggung bawah tetap pada posisi rata dan bokong menyerupai duduk mundur dan kedua lutut merentang. Ulangi gerakan squat ini sebanyak 5 kali.


2. Pushup
Alasan kenapa olahraga ini begitu dikenal adalah karena terbukti efektif, baik untuk membangun tubuh, menguatkan otot, hingga membakar lemak. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus melakukan pushup dengan benar.

Ambil posisi pushup dengan tangan terbuka selebar bahu. Jaga punggung tetap rata dan pinggul sejajar dengan bahu. Saat menurunkan tubuh, jaga siku tetap dekat dengan tubuh, kemudian dorong ke atas, dan ulangi hingga lima kali.

3. Inverted Row
Selain memiliki berat badan berlebih, orang-orang yang banyak menggunakan komputer, ponsel, dan gadget lain cenderung memiliki bahu membulat dan otot renggang di bagian punggung. Jika kamu salah satu yang memiliki masalah ini, cobalah melakukan inverted rows.

Atur barbel pada mesin Smith atau power rack, dan posisikan tubuh di bawahnya. Pegang bagian palang dengan posisi sedikit lebih lebar dari bahu, lalu tarik tubuh ke atas hingga dada menyentuh palang. Kencangkan tulang belikat, jaga siku tetap dekat dengan tubuh, dan badan tetap lurus seperti papan. Lakukan hingga lima kali.


4. Dead Bug
membentuk otot sekaligus membakar lemak perut. Pertama-tama, berbaringlah telentang dengan tangan dan lutut di udara.

Angkat bokong setinggi mungkin, namun posisi punggung tetap rata dengan permukaan tanah. Pertahankan posisi tersebut sembari menggerakkan kaki dan lengan secara berlawanan. Ulangi gerakan yang sama hingga lima kali.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page