Yang Perlu Diketahui bagi Jemaah Haji Indonesia, Tidak Boleh Asal Merokok di Saudi

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Madinah) – Musim haji ini, Pemerintah Arab Saudi melakukan banyak pengetatan aturan. Selain membatasi Kabah, juga ada aturan jadwal bagi jemaah haji yang ingin masuk ke Raudhah. Selain itu, jemaah haji juga erlu memahami aturan larangan merekok.


“Ada banyak tanda larangan merokok di Madinah, baik di hotel maupun tempat lainnya. Untuk itu, jemaah haji Indonesia diminta tidak sembarangan merokok di Tanah Suci,” jelas Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Amin Handoyo, dikutip dari laman Kemenag, Selasa (7/6/2022).

“Jangan sampai merokok di pelataran masjid nanti ditangkap. Dan kalau di penginapan itu harus dijaga karena di kamar ada alarmnya,” lanjutnya.

Amin juga mengatakan, pada dasarnya Saudi sangat ketat dengan larangan merokok. Itu sebabnya, Amin meminta jemaah lebih peka ketika ingin melakukan aktivitas merokok. “Merokok di Saudi dilarang,” tandasnya.

Amin berharap jemaah benar-benar memahami aturan yang berlaku selama di Saudi. Fasilitas hotel juga dilengkapi dengan alat pendeteksi asap.

“Kalau nanti alarm berbunyi, yang lain jadi panik. Jangan sampai mengganggu orang lain dan keamanan diri sendiri,” kata Amin. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.