Wujudkan Disabilitas Mandiri, Kecamatan Weru Luncurkan Link Peduli Disabilitas

Kecamatan Weru saat meluncurkan Link Peduli Disabilitas (Link Pedas) untuk memberdayakan disabilitas, Selasa (25/5/2021).

Sukoharjonews.com (Weru) – Kecamatan Weru berupaya memberdayakan disabilitas sehingga bisa lebih mandiri dan berbekal kreativitas dan inovasi. Untuk mewujudkan hal itu, Kecamatan Weru meluncurkan link peduli disabilitas (Link Pedas) untuk mewadahi produk-produk yang dihasilkan oleh disablitas.




“Kelompok peduli disabilitas desa terdiri dari 13 kelompok simana masing-masing desa terdapat satu kelompok. Peran dari kelompok tersebut adalah mengkoordinir sekaligus membina dan memberdayakan potensi disabiltas yang ada,” jelas Camat Weru Pandiyanto, Rabu (26/5/2021).

Nantinya, lanjut Pandiyanto, semua produk dari disabilitas ditiap desa yang sudah mendapat pembinaan akan ditampilkan di website Pedas. Sehingga, produk-produk dari disabilitas semakin dikenal masyarakat dan menghasilkan nilai ekonomi bagi disabilitas.

Menurutnya, dengan Link Pedas tersebut diharapkan disabilitas menjadi lebih mandiri dengan bekal kreativitas dan inovasi yang dimiliki. Untuk memperluas jaringan sekaligus membekali disabilitas agar daya saingnya lebih tinggi, pihaknya juga menggandeng sejumlah stake holder terkait. Antara lain Dinas Perdagangan dan Koperasi, Dinas Sosial serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Tiap stake holder memiliki peran yang berbeda sesuai tupoksi masing-masing, seperti Dispendukcapil lebih pada membantu disabilitas yang belum mempunyai data kependudukan,” ujarnya.

Begitu juga dengan Dinas Perdagangan membantu memberikan pelatihan sekaligus pemasaran produk dan Dinas Sosial akan membantu atau memfasilitasi kaitannya dengan mengakses program-program sosial dari pemerintah.

Pandiyanto berharap, dengan adanya Link Pedas tersebut akan tumbuh kemandirian disabilitas sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan bagi mereka. Nantinya akan dilakukan monitoring dan evaluasi sekaligus memberikan pelatihan-pelatihan agar disabilitas lebih kreatif dalam menciptakan produk. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed