Wajib Tahu! Ini 7 Cara Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Online

Ilustrasi. (Foto: Trakteer)

Sukoharjonews.com – Pesawat jadi salah satu moda transportasi yang paling hemat waktu untuk bepergian antarkota hingga antarnegara. Sayangnya, tiket pesawat seringkali melonjak sehingga cukup susah untuk hemat ongkos.


Faktanya, ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda terapkan untuk bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang relatif lebih murah. Salah satu cara paling jitu adalah dengan memilih maskapai penerbangan yang menawarkan harga terjangkau, seperti Sriwijaya Air Traveloka.

Namun, masih ada beberapa trik lain untuk memperoleh tiket pesawat murah secara online yang patut Anda coba. Simak selengkapnya!

1. Pilih Maskapai Penerbangan yang Ekonomis
Langkah pertama untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga lebih murah adalah dengan tidak picky dalam memilih maskapai penerbangan. Padahal, pesawat dengan harga murah bukan berarti tidak recommended untuk dijadikan pilihan.

Oleh karena itu, memilih jenis maskapai dengan harga merakyat adalah opsi yang tepat. Maka dari itu, sebelum melakukan pembelian tiket, coba bandingkan harga tiket yang ditawarkan oleh masing-masing maskapai yang tersedia.

Salah satu maskapai penerbangan tanah air yang menawarkan harga relatif terjangkau adalah Sriwijaya Air. Meskipun harganya relatif murah, fasilitas yang akan Anda dapat tetap akan maksimal di kelasnya.

2. Nyalakan Notifikasi Harga
Jika Anda hendak melakukan pemesanan tiket melalui situs tertentu, pastikan bahwa Anda menyalakan fitur Notifikasi Harga. Salah satu situs layanan pembelian tiket pesawat yang memiliki fitur ini adalah Traveloka.

Ketika Anda menyalakan fitur Notifikasi Harga atau ‘Price Alert’, Anda akan otomatis mendapatkan pemberitahuan mengenai harga tiket pesawat yang masuk budget yang telah Anda atur.
Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur rentang jadwal keberangkatan pesawat Anda mulai dari 2 – 30 hari, jumlah transit, bahkan kelas penerbangan yang Anda inginkan. Lalu, nyalakan fitur ini dan voila!

Tak hanya mendapat pemberitahuan tentang harga yang masuk ke budget Anda, fitur ini pun akan memberikan informasi tren harga ke inbox akun Anda.
Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot mengecek harga pesawat secara manual. Lebih efektif dan efisien, bukan?

3. Pilih Lokasi Tempat Duduk yang Tepat
Tahukah Anda bahwa posisi tempat duduk di dalam pesawat juga mempengaruhi harga tiket yang Anda beli? Faktanya, hal ini benar-benar terjadi.
Biasanya, orang-orang mengincar seat di bagian depan hingga tengah. Hal ini membuat deretan seat bagian belakang jadi dibanderol dengan harga lebih murah.

Selain itu, seat di bagian belakang tidak terlalu digandrungi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk berjalan dari pintu masuk. Selain itu, lokasi tempat duduk di deretan belakang juga dekat dengan mesin pesawat sehingga rentan terdengar suara agak bising.



Namun, jika yang Anda incar semata-mata adalah harga tiket yang murah dan tidak masalah untuk duduk di deetan mana saja, memilih tempat duduk di deretan belakang adalah solusi utama.
Selain itu, apabila Anda berencana untuk pergi dalam rombongan, lebih baik jangan pesan tempat duduk yang berdekatan. Ternyata, rombongan tempat duduk yang berdekatan juga berpengaruh terhadap mahalnya harga tiket, lho!

Hal ini masih berkaitan dengan lokasi deretan tempat duduk di pesawat. Apabila jumlah tempat duduk di deretan harga lebih murah tidak tersedia sejumlah rombongan yang Anda pesankan tiket, maka Anda dan rombongan akan otomatis terlempar ke deretan tempat duduk dengan harga lebih mahal.

4. Pesan Tiket Jauh Hari
Ternyata, jadwal pemesanan tiket juga mempengaruhi harga tiket yang akan Anda peroleh, lho!
Semakin dekat waktu pemesanan tiket dengan jadwal keberangkatan pesawat, maka harganya juga akan jadi naik. Dengan begitu, total harganya pun jadi lebih mahal.

Oleh karena itu, apabila Anda bisa merencanakan jadwal keberangkatan dari jauh hari, segera lakukan pemesanan ketika jadwalnya tidak terlalu dekat dengan waktu pemesanan. Dengan begitu, Anda bisa jadi lebih hemat budget sekaligus tak was-was akan kehabisan tiket ketika mendekati waktu keberangkatan.

5.Sediakan Barang Bawaan Secukupnya
Setelah menemukan harga tiket yang murah, usahakan untuk membawa barang bawaan dengan jumlah cukup dan tak melebihi kapasitas kabin yang tersedia.

Pasalnya, apabila barang bawaan Anda melebihi kapasitas kabin terdaftar, Anda perlu membayar biaya tambahan lagi. Dengan begitu, total harga yang harus Anda bayarkan pun jadi bertambah.
Namun, apabila Anda memang perlu membawa barang bawaan yang banyak, Anda harus siap dengan biaya tambahan tersebut.

6. Manfaatkan Poin Aplikasi
Apabila Anda termasuk sering menggunakan pesawat terbang dan membelinya lewat situs tertentu, maka seringkali terdapat bonus berupa poin untuk membuat flight selanjutnya jadi lebih murah.
Jangan ragu untuk menggunakan poin tersebut karena Anda otomatis akan mendapatkan potongan harga. Dengan begitu, total harga tiket yang Anda beli akan jadi lebih murah.

7. Pilih Situs Pemesanan yang Tepat
Ternyata, harga tiket pesawat dengan jadwal dan maskapai yang sama bisa jadi memiliki harga berbeda di situs online yang berbeda, lho! Oleh karena itu, sangat dianjurkan supaya Anda melakukan survey harga pesawat di beberapa situs.

Hal ini juga berkaitan dengan diskon harga dan promo yang ditawarkan oleh situs tersebut. Nah, Salah satu situs online yang melayani pembelian tiket pesawat dengan harga relatif murah adalah Traveloka.

Itu dia beberapa cara jitu untuk mendapatkan tiket pesawat secara online dengan harga yang relatif lebih murah. Ingin bepergian dengan pesawat? Jangan lupa cek harga tiket Sriwijaya Air Traveloka. Temukan beragam diskon dan promo menarik lainnya hanya di Traveloka. Safe flight! (*)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.