Waduk Gajah Mungkur Lepas Air 100 Meter Kubik per Detik

Debit air Sungai Bengawan Solo terpantau masih tinggi dari Jembatan Bacem, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (29/11) pagi. Sore tadi TMA mengalami penurunan.

Sukoharjonews.com – Waduk Gajah Mungkur (WGM) di Kabupaten Wonogiri akhirnya membuka pintu air pukul 18.00 WIB tadi. Dengan pembukaan pintu air tersebut, WGM melepas debit air melalui “Spillway” sebesar 100 meter kubik per detik. Pengelola WGM mengklaim pelepasan debit air ke Sungai Bengawan Solo bukan pemicu banjir.

Informasi pembukaan pintu air WGM tersebut beredar ke grup-grup “whatsapp”. Dalam informasi yang beredar tersebut, Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo selaku pengelola WGM memberikan konfirmasi mengenai kabar yang beredar tentang pembukaan “spillway” WGM tersebut.

Dari penelusuran, informasi tersebut diberikan oleh Kepala Subbid Divisi III/ I Perum Jasa Tirta (PJT) I Wilayah Sungai Bengawan Solo Hermawan Cahyo Nugroho. Berikut informasi yang beredar melalui “whatsapp”.



“Memang benar per jam 18.00 akan ada pelepasan debit melalui spillway Bendungan Wonogiri sebesar 100m3/det. Hal ini didasarkan bahwa TMA Jurug sudah Siaga Kuning dg tren turun dan Kali Dengkeng serta Kali Samin sudah kondisi normal. Pelepasan ini utamanya untuk mempertahankan kemampuan Waduk Wonogiri dalam pengendalian banjir di kemudian hari. Insha Allah aman.

Perlu diingat bahwa penyumbang terbesar debit di Bengawan Solo adalah dari anak2 sungai termasuk Samin/Dengkeng yang masing-masing bisa mencapai 400-600 m3/det. Jadi berita bahwa efek pembukaan Spillway begitu besar sebenarnya tidak begitu. Mari kita tangkal hoax dengan fakta. Terima kasih”.

Perlu diketahui, TMA yang dimaksud dalam informasi tersebut adalah Tinggu Muka Air. Dengan kata lain, pembukaan pitu air WGM dilakukan karena TMA Sungai Bengawan Solo di daerah Jurug, Solo sudah menurun.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Suprapto mengakui sudah mendengar informasi tentang pembukaan pintu air WGM tersebut. Hanya saja, Suprapto mengaku tidak tahu secara detil berapa besar debit air yang dilepas oleh WGM.

“Sudah dengar informasinya. Pembukaan pintu air tentu sudah melalui berbagai pertimbangan dimana salah satunya TMA Sungai Bengawan Solo,” ujarnya. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.