Ragam  

Untuk Wujudkan Koperasi Mandiri, Dibutuhkan Pendampingan Pada Perangkat Koperasi Pasca Pelatihan

Sosialisasi program pendampingan pada perangkat koperasi pasca pelatihan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo pada Rabu (19/5/2021) lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo memprogramkan pendampingan pada perangkat organisasi koperasi pasca digelarnya pelatihan. Hal itu sekaligus sebagai monitoring dan evaluasi terhadap implementasi pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) yang telah dilakukan oleh dinas.



“Dilakukannya pendampingan ini untuk mengukur sejauh mana pengelola atau pengurus koperasi dalam menerima materi pelatihan dan mengimplementasikan pada koperasinya. Sosialisasi terkait pendampingan sudah kami lakukan pada 19 Mei lalu. Untuk pendampingan sendiri mulai bulan Juni nanti,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan dan Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM Bidang Kelembagaan dan Pengembangan SDM Koperasi dan UMKM Sukoharjo, Yosi Erlanitasari, Senin (24/5/2021).

Dikatakan Yosi, selama ini Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Sukoharjo telah memberikan pelatihan pada perangkat organisasi koperasi. Materi pelatihan sendiri antara lain pelatihan akuntansi, tata keloloa koperasi yang baik, Standar Operasional Manajemen (SOM), Sistem Pengendalian Intern, bimbingan teknis kelembagaan, dan juga bimtek Usaha Simpan Pinjam (USP).

Selama ini, ujar Yosi, dinas belum memberikan pendampingan pada perangkat organisasi koperasi pasca pelatihan. Padahal, sangat penting untuk memberikan pendampingan pasca pelatihan untuk mengetahui implementasi dari pelatihan yang telah dilakukan oleh dinas. Dengan pendampingan diharapkan materi pelatihan diimplementasikan dengan baik sehingga bisa mewujudkan koperasi dan mandiri.

“Dibutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya dinas agar program pendampingan pada perangkat organisasi koperasi ini bisa digelar secara berkelanjutan,” ujar Yosi.

Yosi menambahkan, karena ada pembatasan jumlah peserta karena pandemi Corona, dalam sosialisasi program pendampingan tersebut pihaknya mengundang 45 koperasi. Untuk koperasi yang sudah mendapatkan pelatihan sendiri jumlahnya sudah mencapai ratusan koperasi. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *