Tips Mudah Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat Agar Glowing

Tips mudah merawat kulit sensitif dan berjerawat agar glowing. (Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Kulit sensitif adalah suatu kondisi dimana kulit wajah rentan mengalami inflamasi, iritasi, atau reaksi alergi. Jenis kulit tersebut sangat sering terjadi pada sebagian besar orang, terlebih perempuan.


Dilansir dari American Academy of Dermatology, Jum’at (24/3/2023), penyebabnya pun tentu beragam, bisa terjadi karena kulit bereaksi dengan suatu substansi atau kulit menjadi sensitif karena kondisi lain yang mendasarinya.

Sehingga bagi pemilik kulit sensitif sangat penting untuk selektif dalam memilih produk yang akan digunakan pada wajah, khususnya skincare. Kondisi ini akan semakin parah bila kulit sedang berjerawat. maka perlu perhatian khusus ketika sedang berada dalam kondisi tersebut.

Teliti dalam Melihat Komposisi Produk
Guna memperbaiki kondisi kulit agar menjadi lebih baik tentunya butuh bantuan dari luar seperti halnya menggunakan skincare. Begitu pun bagi pemilik kulit sensitif dan berjerawat tentu membutuhkan skincare agar kulit tidak semakin memburuk.

Namun bagi pemilik jenis kulit tersebut, perlu memperhatikan komposisi produk dengan sebaik-baiknya agar tidak menyebabkan iritasi ataupun alergi.


Menghindari Penggunaan Scrub dan Exfoliant yang Kasar
Sudah menjadi rahasia umum bila kulit sensitif rentan untuk terjadi kemerahan bila salah dalam menggunakan suatu produk. Salah satunya produk eksfoliasi.

Bukan tidak boleh bagi para pemilik kulit sensitif dan berjerawat untuk melakukan eksfoliasi, melainkan perlu memilih produk eksfoliasi yang tepat agar tidak menyakiti kulit.

Produk eksfoliasi yang tepat bagi kondisi kulit tersebut ialah eksfoliasi berbahan chemical yang mengandung AHA dan BHA karena tidak perlu menggosok kulit secara kasar. Dan tidak disarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi berbahan scrub yang cenderung dapat mengiritasi kulit.


Menguji Produk Sebelum Digunakan
Bagi penderita kulit sensitif dan berjerawat sangat disarankan untuk melakukan tes alergi pada setiap produk perawatan kulit atau kosmetik yang baru ingin digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekambuhan gejala kulit sensitif bila kulit terpapar dengan bahan iritatif.Cara melakukan tesnya pun mudah, cukup dengan mengoleskan sedikit produk ke bagian kulit belakang telinga, punggung telapak tangan, atau bagian dalam siku.

Tunggu 24 jam dan lihat apakah muncul tanda-tanda alergi atau tidak. Jika tidak terdapat tanda-tanda alergi maka produk tersebut bisa kamu gunakan. bermanfaat bagi semua orang.

Menggunakan Skincare Se-minimal Mungkin
Ketika jerawat muncul pada kulitmu, tentunya kamu ingin sesegera mungkin menghilangkannya. Salah satu cara yang sering dilakukan saat kondisi tersebut ialah dengan menggunakan banyak produk untuk menghilangkan jerawat. Padahal langkah tersebut merupakan hal yang harus dihindari.


Karena hal tersebut dapat menyebabkan kondisi jerawat semakin parah dan kulit mudah iritasi. Bahan-bahan yang terkandung dalam berbagai jenis skincare belum tentu cocok digunakan dalam satu waktu.Maka sebaiknya ketika jerawat muncul disarankan untuk tetap menggunakan satu pengobatan saja atau jika tidak menunjukkan perbaikan kamu bisa meminta bantuan dokter kulit.

Menghindari Produk yang Mengandung Alkohol dan Wewangian
Saat kulit sensitifmu sedang berjerawat salah satu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan ialah tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol dan wewangian. Hal tersebut dikarenakan kedua bahan itu mampu memicu iritasi bagi kulit juga dapat memperparah kondisi jerawat.

Maka kedua bahan tersebut sebaiknya tidak lagi berada dalam produk skincare-mu. Utamakan skincare berbahan alami ataupun non-iritasi agar kondisi jerawatmu tidak semakin meradang.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *