Tips Mengatasi Rambut Bercabang dan Kering Secara Alami

Tips Mengatasi Rambut Bercabang. (Thinkstockphotos.com)

Sukoharjonews.com – Rambut bercabang dan kering selalu menjadi masalah tersendiri bagi perempuan. Ya, rabut adalah mahkota yang perlu dijaga dan dirawat agar terhindar dari masalah tersebut. Rambut bercabang dan kering ada banyak faktor penyebabnya. Semua itu berasal dari kegiatan sehari-hari. Baik karena faktor cuaca, kebiasaan buruk memperlakukan rambut, memakai produk kimia dan alat penata rambut, dan lainnya.



Untuk mengatasi masalah rambut kering dan bercabang banyak cara alami yang bisa dilakukan. Seperti dikutip dari www.gayarambut.co.id, untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan tradisional. Cara yang paling baik memang menggunakan bahan tradisional, meski tidak akan langsung terlihat tapi faktor keamanannya lebih tinggi. Berikut ini cara-cara menghilangkan rambut bercabang yang mudah dilakukan sendiri di rumah.

1. Potong Ujung Rambut
Cara menghilangkan rambut bercabang dengan dipotong unjung rambutnya. Rambut bercabang terjadinya di ujung rambut, yaitu karena bagian ujung rambut adalah yang usianya paling tua dibandingkan dengan bagian rambut lain. Jika rambut Anda terlanjur bercabang atau bisa juga untuk menghindarinya maka gunting ujung rambutnya. Akan lebih baik jika dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali jika kerusakannya parah.

Tips Mengatasi Rambut Bercabang. (Medium.com)

Jangan takut rambut tidak akan panjang karena sering memotongnya. Cari saja cara menumbuhkan rambut secara alami. Dengan melakukan hal ini justru rambut akan cepat panjang. Jika rambut yang bercabang dibiarkan nanti yang ada justru kebalikannya, rambut akan kekurangan “semangat” untuk memperpanjang diri karena rapuhnya diri mereka.

2. Masker Telur
Jangan anggap hal ini menjijikkan karena berpikiran bahwa rambut akan menjadi anyir. Oleh karena telur memiliki banyak khasiat untuk model rambut wanita sebahu dan berbagai kesehatan tubuh seperti wajah, dan rambut. Dengan rutin melakukan perawatan dengan bahan ini maka rambut bisa menjadi sehat. Kenapa?

Campuran yang cocok dan sama-sama berkhasiat bagi rambut adalah minyak almond, minyak zaitun, atau madu. Cara menggunakannya adalah mencampurkan putih telur dengan bahan pilihan yang sudah disebutkan tadi. Aduk sampai rata kemudian jadikan masker rambut dengan mengoleskannya kemudian pijat perlahan. Jangan lupa, rambut Anda harus dalam keadaan yang kering, berikut langkahnya dengan menggunakan telur:



Diamkan pada rambut paling sebentar 30 menit, dan paling lama 60 menit. Jika sudah cukup waktunya, langsung bilas rambut kemudian keramas seperti biasa. Pastikan rambut Anda benar-benar bersih dari masker tersebut. Selain dicampurkan dengan berbagai jenis minyak, Anda bisa mencampurnya dengan buah-buahan seperti pisang atau jeruk. Cara menggunakannya sama. Telur yang dipakai hanya bagian putihnya.

3. Masker Alpukat
Di dalam buah alpukat terhadap zat yang berkhasiat untuk membuat rambut cara membuat rambut bergelombang menjadi sehat, sama halnya dengan untuk wajah. Campuran yang bisa ditambahkan dengan buah ini adalah minyak zaitun.

Beda dengan cara di atas, Anda harus membasahi rambut sedikit saja. Hancurkan buah alpukat lalu campur dan aduk sampai rata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut Anda. Diamkan beberapa saat agar nutrisinya meresap ke rambut. Jika sudah Anda nilai cukup maka langsung bersihkan dengan keramas seperti biasa.
Lakukan perawatan ini secara rutin agar khasiatnya bisa lebih baik. Oleh karena alpukat memiliki banyak zat, dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Tips Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Cuka Apel. (Shopsmart.co.id)

4. Cuka Apel
Khasiat dari cuka apel untuk rambut telah teruji, banyak orang yang melakukan perawatan dengan bahan ini untuk rambutnya. Dengan menggunakan bahan ini rambut akan menjadi sehat, lembut, dan indah sehingga akan mencegah timbulnya rambut yang bercabang, berikut cara yang mudah dengan menggunakan cuka apel:

Pakai sari cuka apel dan tambahkan dengan gandum, dan sedikit air untuk kemudian dijadikan masker.
Oleskan pada rambut yang sudah dikeramasi dan masih basah kemudian diamkan juga beberapa saat, setidaknya selama 10 menit. Bilas rambut Anda menggunakan air saja, tidak perlu menggunakan sampo lagi karena cuka apel tidak akan menempel di rambut seperti buah-buahan. Cara lainnya adalah memasukan bahan ini ke wadah semprotan kemudian disemprotkan ke arah rambut yang rusak. Hasil dari perawatan ini biasanya bisa langsung terlihat.



Bukan membuat bercabangnya langsung hilang tapi membuat rambut terlihat sehat. Jika sudah beberapa kali dilakukan baru rambut Anda akan hilang masalah bercabangnya. Selain sebagai bahan untuk merawat rambut bercabang, kegunaan lain dari bahan ini adalah untuk mengilaukan rambut, menghaluskan rambut, mengatasi ketombe, menumbuhkan rambut dengan baik, dan atasi masalah rambut rontok. Kandungan-kandungan yang ada di dalamnya antara lain suplemen penjaga kesehatan rambut, anti jamur dan bakteri, nutrisi, dan asam alpha hydroxy.

5. Lidah Buaya
Di antara semua bahan yang disebutkan di atas, ini adalah bahan yang paling dikenal untuk cara memotong rambut sendiri model layer digunakan sebagai menghilangkan rambut bercabang. Di dalam tanaman ini ada banyak kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seperti asam amino, mineral, enzim, sterol, gula, salisilat, antrakuinon, dan masih banyak lagi kandungan lainnya.

Makanya kenapa lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan macam-macam keluhan dalam tubuh. Berikut langkah yang mudah dan praktis dengan menggunakan lidah buaya:

Tips Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Lidah Buaya. (Myrambutsehat.com)

Cara pakainya sama saja dengan yang lain tapi tidak perlu dicampur dengan bahan lain, juga tidak perlu diaduk. Kupas saja kulit lidah buayanya kemudian oleskan lendirnya pada rambut sampai rata.
Tunggu selama sekitar 15 menit atau sampai kering. Sesudah itu Anda bilas rambut dengan air, dan sampo jika perlu. Dalam sekejap rambut Anda tidak akan kering, inilah salah satu alasan rambut bercabang bisa terjadi.

6. Minyak Kemiri
Minyak kemiri memang diambil dari sari kemiri yang didapatkan dari kemiri sangrai. Cara mendapatkan minyaknya adalah sangrai kemiri atau goreng tapi tidak pakai minyak sampai kemirinya gosong atau menghitam. Bisa juga dengan cara membakarnya agar lebih cepat. Berikut langkah yang paling gampang dan mudah dengan menggunakan cara minyak kemiri:



Tumbuk kemiri sampai hancur dengan begitu minyaknya akan keluar. Namun, jika Anda malas melakukan hal ini Anda bisa membeli minyaknya yang sudah jadi. Oleskan pada rambut kemudian pijat dengan perlahan. Diamkan selama sekitar 60 menit kemudian baru dibilas. Coba rasakan, rambut Anda akan menjadi lembut. Untuk mendapatkan rambut bebas bercabang lakukan secara rutin.

7. Masker Pepaya
Buah lain yang bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan rambut bercabang adalah pepaya. Dengan teksturnya yang mirip dengan pepaya ternyata juga bisa digunakan sebagai masker rambut untuk menghilangkan rambut bercabang. Selain memiliki vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, buah ini juga memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut. Berikut tips dan langkah yang mudah dengan menggunakan pepaya:

Tips Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Pepaya. (Kawaiibeautyjapan.com)

Anda bisa mencampurkan buah ini dengan yogurt. Caranya dengan melembutkan pepaya kemudian tambah dengan yoghurt dan aduk rata. Jika sudah, oleskan pada rambut Anda kemudian diamkan sampai dengan 30 menit atau Anda rasa cukup. Bilas dengan menggunakan air hangat agar pepaya tidak menempel pada rambut atau cepat hilang. Meski air hangat kurang baik bagi kesehatan rambut tapi tidak mengapa jika hanya sesekali.

Masih banyak cara untuk melakukan dengan menggunakan selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti menggunakan bahan minyak kelapa, memakai yoghurt, dengan perasan air lemon, dengan mengoleskan madu pada rambut, dan mengoleskan minyak zaitun.

Demikianlah bagaimana menghilangkan rambut bercabang dengan bahan-bahan alami. Semuanya tidak sulit, asal rutin melakukannya Anda pasti akan merasakan dan melihat bagaimana rambut menjadi lebih sehat. Atau lebih baik lagi jika dilakukan sebelum rambut rusak sebagai tindak pencegahan. (*)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

News Feed