Tips Mengatasi Bibir Kering dan Bibir Pecah Secara Alami, Efektif!

Tips Mengatasi Bibir Kering dan Pecah. (Vaseline.co.id)

Sukoharjonews.com – Bibir kamu kering dan pecah-pecah?Jangan panik. Banyak cara bisa dilakukan untuk mengatasi masalah binir kering dan pecah-pecah dan terbukti efektif. Salah satunya yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah karena panasnya cuaca sehingga daya tahan tubuh menurun. Saat daya tahan tubuh turun karena cuaca panas, masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa muncul.



Dilansir dari www.vaseline.co.id dan www.idntimes.com, saat bibir kering dan pecah-pecah, tentu membuat kita tidak nyaman dan mengurangi kepercayaan diri. Bibir kering memang harus diatasi secepatnya supaya tidak mengganggu kenyamanan dan penampilan. Jangan sampai bibir pecah-pecah menimbulkan luka perih yang sulit disembuhkan. Sebenarnya mengatasi bibir kering tidak sulit. Ikuti beberapa tips efektif ini agar bibir Anda tetap sehat.

1. Gunakan Potongan Mentimun
Kandungan air dan vitamin C dalam buah timun baik untuk kesehatan bibir. Anda cukup oleskan potongan timun pada seluruh bagian bibir sembari ditekan perlahan-lahan. Lakukan hal ini secara teratur beberapa kali sehari agar manfaatnya semakin maksimal. Bibir Anda pun akan segera terbebas dari kondisi kering dan pecah-pecah.

Tips Mengatasi Bibir Kering Dengan Madu. (Cantikmenawan.com)

2. Oleskan Madu pada Bibir
Cara mengatasi bibir kering yang satu ini sangat praktis. Anda tinggal menggunakan persediaan madu murni di rumah. Ambillah beberapa tetes madu dan oleskan merata pada permukaan bibir sambil dipijat perlahan-lahan. Kandungan protein pada madu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan kulit bibir. Permukaan bibir jadi lebih lembut dan tak akan pecah-pecah.

3. Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir
Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menjilat bibir ketika bibir terasa kering dan pecah-pecah. Kebiasaan ini sebenarnya tak baik bagi kesehatan bibir. Ini karena air liur justru berpotensi membuat bibir semakin kering. Alangkah lebih baik bila Anda segera menghentikan kebiasaan ini.



4. Masker Bibir dari Buah Tomat
Tomat yang kaya vitamin A, vitamin C, dan likopen juga baik untuk kesehatan bibir. Oleskan irisan tomat segar secara merata pada bibir Anda. Tak cuma membuat bibir kembali sehat, bibir Anda pun akan tampak lebih menarik dengan warna merah alami dari tomat.

5. Hindari Kebiasaaan Menggigit Bibir
Ini adalah salah satu kebiasaan jelek yang suka dilakukan para cewek saat bibirnya kering dan pecah-pecah, padahal hal ini bisa membuat bibir menjadi luka dan berdarah. Biarkan bibir kering mengelupas dengan sendirinya, jangan digigiti supaya tidak menimbulkan luka yang malah makin membuat bibirmu pecah-pecah dan perih.

Tips Mengatasi Bibir Kering Dengan Lip Balm. (Teen.co,id)

6. Gunakan Lip Balm Tiap Hari
Lip balm atau pelembab bibir wajib kamu pakai setiap hari agar bibir tidak kering. Daripada menjilat bibir untuk melembabkan, coba deh sediakan lip balm di tasmu agar bisa dipakai kapan pun saat kamu merasakan kekeringan di bibirmu. Tentunya pilih lip balm yang aman ya.

7. Banyak Makan Buah dan Sayur
Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan yang sehat, kamu pasti setuju kan? Perbanyaklah makan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C kalau bibirmu terasa kering dan mulai pecah-pecah. Apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis, dan kembang kol adalah contoh beberapa buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.



8. Banyak Minum Air Putih
Untuk menjaga kelembapan pada bibir, minumlah air putih yang banyak agar tubuh termasuk bibir tetap terlindungi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir kering, biasakanlah minum 8 gelas air putih atau setara 2 liter air setiap hari.

Jika sudah tahu cara mengatasinya, masalah bibir kering dan pecah-pecah tak akan lagi mengganggu Anda. Tampil percaya diri saat beraktivitas akan membuat Anda semakin fokus dan produktif. Mari bersiap ucapkan selama tinggal pada bibir kering yang terasa mengganggu. (*)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments