Tiga Hal Ini Harus Jadi Perhatian Jemaah Haji Jelang Keberangkatan

Arab Saudi mengizinkan ibadah haji tahun ini. (Foto: Kemenag)

Sukoharjonews.com (Banten) – Keberangkatan kelompok terbang (kloter) haji tahun ini sudah di depan mata. Rencananya, kloter pertana akan berangkat ke tanah suci pada 4 Juni 2022 mendatang. Menjelang keberangkatan, ada tiga hal yag harus diperhatikan jemaah. Hal itu disampaikan oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief.


Terkait hal itu disampaikan Hilman setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, usai mendampingi lawatan Menag Yaqut Cholil Qoumas ke Arab Saudi untuk meninjau kesiapan layanan haji.

Pertama, Hilman mengingatkan pentingnya sikap disiplin dari semua jemaah untuk mematuhi protokol yang telah ditetapkan. “Karena saat ini konteksnya masih pandemi, meskipun sudah banyak kelonggaran,” papar Hilman, dikutip dari laman Kemenag, Selasa (24/5/2022)

“Kedua tentu saja persyaratan-persyaratan yang diminta, segera dipenuhi, seperti vaksin, PCR dan seterusnya. Karena, waktunya juga sudah semakin dekat,” sambung Hilman.

Ketiga, Hilman menuturkan pihaknya akan memberikan imbauan kepada para pembimbing ibadah haji untuk tertib mengatur pergerakan jemaah selama musim haji. “Kami juga akan memberikan imbauan kepada para pembimbing ibadah haji untuk betul-betul dapat mengatur jemaah dalam beribadah,” tutur Hilman.

“Jangan sampai terlalu lelah, karena musim haji kali ini insyaAllah semakin dekat dan situasinya agak berat seperti yang tadi disampaikan oleh Pak Menteri,” imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau jemaah untuk memperhatikan kondisi fisik dan kesehatannya. Mengingat, saat ini di Arab Saudi memasuki musim panas. “Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40-44 derajat celcius,” ungkap Menag.

“Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan mencapai 50 derajat celcius,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *