Teknologi NFC: Melihat Lebih Dekat Fitur dan Perkembangan di Roadmap Baru

NFC Pembayaran. (Foto: Unsplash)

Sukoharjonews.com – Teknologi Near Field Communication (NFC) telah membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan Forum NFC, organisasi yang menetapkan standar untuk NFC, baru-baru ini mengungkapkan peta jalan untuk penelitian dan rencana utama untuk NFC hingga tahun 2028. Peta jalan ini menjabarkan masa depan arah teknologi NFC dan menyoroti perkembangan menarik yang diharapkan di tahun-tahun mendatang.


Apa itu NFC?
Dilansir dari Gizmochina, sabtu (1/7/2023), NFC adalah “Near Field Communication” atau teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan komunikasi aman dan tanpa kontak antar perangkat. Ini memungkinkan pertukaran data dalam jarak pendek, biasanya beberapa sentimeter, hanya dengan mendekatkan dua perangkat berkemampuan NFC. Teknologi ini semakin populer dan banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti pembayaran seluler, kontrol akses, transportasi, dan lainnya.

Selama bertahun-tahun, NFC telah mengalami evolusi yang signifikan dan adopsi yang meluas. Itu muncul sebagai teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang relatif baru yang memungkinkan komunikasi tanpa batas antara perangkat yang mendukung NFC. Kesederhanaan dan kenyamanannya dengan cepat membuatnya populer di kalangan pengguna, yang mengarah pada penggabungannya ke dalam berbagai aplikasi.


Menurut laporan riset pasar, ukuran pasar NFC diperkirakan akan mencapai USD 34,9 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 14,2% selama periode perkiraan. Pertumbuhan ini dapat dikaitkan dengan meningkatnya permintaan chip NFC dari berbagai industri, termasuk kesehatan dan ritel.

Salah satu tonggak penting dalam evolusi NFC adalah pengenalan Forum NFC, sebuah konsorsium global yang terdiri dari perusahaan teknologi terkemuka. Forum NFC memainkan peran penting dalam mempromosikan pengembangan dan standardisasi teknologi NFC, memastikan interoperabilitas dan kompatibilitas di seluruh perangkat. Forum ini terdiri dari perwakilan Dewan dari perusahaan teknologi terkemuka seperti Apple, Google, Huawei, Identiv, Infineon, NXP, Qualcomm, Sony, dan STMicroelectronics.


Apa yang Menyenangkan Dalam Roadmap NFC Baru?
Forum NFC, baru-baru ini meluncurkan peta jalan yang menarik yang menguraikan penelitian utama dan rencana untuk masa depan NFC hingga tahun 2028. Peta jalan ini menjanjikan kemajuan dan peningkatan signifikan pada NFC, menjadikannya lebih cepat, lebih mudah, dan benar-benar tanpa kontak.

Berikut adalah peningkatan yang diusulkan untuk teknologi NFC.

– Lebih Banyak Kekuatan
Forum NFC mengusulkan untuk meningkatkan daya pengisian nirkabel standar NFC dari 1W saat ini menjadi 3W yang mengesankan. Pembaruan semacam itu akan membuka kemungkinan daya nirkabel seperti membawa daya nirkabel dan mengisi daya ke faktor bentuk baru dan lebih kecil, dan juga membuka jalan bagi aplikasi inovatif di industri baru yang sebelumnya tidak dapat dijalankan.


– Jangkauan yang Diperpanjang
Selain itu, peta jalan bertujuan untuk membuat NFC sepenuhnya tanpa kontak berkat kemampuan jangkauan yang diperluas, menghilangkan kebutuhan akan kontak fisik antar perangkat.

Sementara versi yang lebih lama biasanya mengharuskan perangkat berada sangat dekat satu sama lain untuk komunikasi (5mm), standar baru memungkinkan jarak yang lebih jauh antar perangkat (empat hingga enam kali jarak pengoperasian saat ini) tanpa mengorbankan kualitas koneksi.

Ini akan memberikan interaksi yang lebih mulus dan higienis, terutama di era pasca pandemi, di mana teknologi nirsentuh semakin disukai. Selain itu, ini membuka kemungkinan untuk aplikasi di berbagai bidang seperti pelacakan aset dan otomatisasi rumah pintar, di mana perangkat dapat berkomunikasi dalam jarak yang lebih jauh.


– Dukungan untuk Ketuk Serba Guna
Selain itu, Forum NFC bertujuan untuk memperkenalkan dukungan untuk ketuk multiguna, memperluas jangkauan aplikasi dan kemungkinan untuk teknologi NFC. Artinya, NFC akan segera dapat mendukung beberapa tindakan dengan satu ketukan. Ini berpotensi memiliki aplikasi yang sangat luas termasuk pengiriman tanda terima point-to-point, identifikasi loyalitas, dan tiket perjalanan total.

– Ponsel cerdas dengan NFC dapat Menjadi Perangkat POS
Rencana baru ini bertujuan untuk meningkatkan cara kerja smartphone dengan NFC (Near Field Communication) seperti mesin kasir. Ini berarti bisnis atau orang dapat menerima pembayaran di mana saja menggunakan smartphone mereka.


– Meningkatkan Pembagian Data Keberlanjutan NFC
Rencana tersebut juga mencakup cara-cara NFC untuk berbagi informasi tentang terbuat dari apa suatu produk dan bagaimana produk itu dapat didaur ulang. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan baru dan aturan pemerintah, serta membantu berkontribusi pada ekonomi yang lebih hijau.

Pembayaran melalui NFC. (Foto: Unsplash)

Bagaimana Standar Baru NFC Dapat Menghadirkan Aplikasi yang Menyenangkan
Melihat ke masa depan, standar NFC baru yang diperkirakan akan diluncurkan pada tahun 2028 menjanjikan aplikasi yang lebih menarik. Salah satu aplikasi tersebut adalah integrasi teknologi NFC ke dalam sistem kesehatan.

Dengan perangkat medis berkemampuan NFC, pasien dapat dengan mudah memantau tanda-tanda vital mereka dan berbagi data dengan profesional perawatan kesehatan. Hal ini memungkinkan pemantauan pasien jarak jauh, mengurangi kebutuhan untuk sering berkunjung ke rumah sakit, dan meningkatkan efisiensi perawatan kesehatan secara keseluruhan.


Industri lain yang dapat memanfaatkan standar NFC baru adalah transportasi. Dengan penerapan teknologi NFC yang lebih baik dalam sistem transportasi umum, penumpang dapat menikmati tiket tanpa hambatan (tanpa harus pergi dan mengetuk terminal) dan pengalaman pembayaran tarif dengan keamanan yang lebih baik. Smartphone atau kartu pintar berkemampuan NFC dapat digunakan untuk mengakses berbagai moda transportasi, menghilangkan kebutuhan akan tiket terpisah dan mengurangi limbah kertas.

Kesimpulannya, peta jalan NFC terbaru membawa kemajuan yang signifikan dibandingkan versi lama. Dengan kecepatan pengisian yang lebih baik, kemampuan jangkauan yang lebih luas, dan tap multiguna, NFC menjadi lebih fleksibel dan andal di berbagai industri. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *