Talut Ambrol, Akses Menuju Rumahan Puri Gading Terancam Putus

Warga bersama personel TNI, Polri dan BPBD bergotong-royong memperbaiki talut di jalur utama Perumahan Puri Gading, Grogol, Rabu (27/12).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Talut di jalan utama masuk Perumahan Puri Gading, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah ambrol. Talut sedalam kurang lebih 3 meter tersebut longsor sepanjang 4 meter. Talut longsor itu sudah menggerus kurang lebih 1,5 meter tanah di sana.

Warga khawatir longsor semakin parah karena lokasi tersebut berada ditikungan aliran air. Ketua RW 6 Perumahan Puri Gading, Gunarko mengatakan, talut tersebut ambrol sebanyak dua kali. Longsor terjadi pada Selasa (26/12) sekitar pukul 16.00 dan Rabu (27/12) pagi.

“Kalu tidak segera ditangani kami khawatir longsor semakin meluas karena titik longsor berada di tikungan arus,” tutur Gunarko.

Gunarko mengatakan, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses jalan masuk Perumahan Puri Gading. Sehingga mendesak diperbaiki dan dibangun talut permanen agar tidak badan jalan tidak habis tergerus arus sungai. “Ada 300 Kepala Keluarga (KK) di Perumahan Puri Gading,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Grogol, Kristin Ary Supadmini mengatakan, talut ambrol itu sudah dikomunikasikan dengan berbagai pihak terakit. Menurutnya, wewenang talut tersebut berdara di tangan BBWSBS. ”Sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait agar segera diperbaiki,” papar dia.

Sementara itu, Camat Grogol, Bagas Widaryatno mengatakan, begitu medapat kabar, pihaknya langsung berkoordinasi dengan jajaran dibawahnya untuk memantau kondisi talut tersebut. Di lokasi juga langsung diberi tanda peringatan agar masyarakat lebih berhati-hati ketika melintas di dekat lokaso.

Sementara ini, akses jalan hanya bisa dilewati satu mobil secara bergantian. Di sisi lain, peronel TNI, Polri, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dan warga terpantau bergotong-royong nelakukan penanganan darurat agar tidak terjadi longsor susulan. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.