Sukoharjo Juara 1 Lomba KB Pria, Wakili Provinsi Jateng Maju Tingkat Nasional

Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional saat diterima Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (31/5/2024).

Sukoharjonews.com – Kabupaten Sukoharjo berhasil keluar sebagai Juara 1 Lomba KB Pria Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Untuk itu, Sukoharjo berhak mewakili Provinsi Jateng maju ke lomba tingkat nasional dan masuk nominasi terbaik.


“Di tingkat nasional, Sukoharjo yang mewakili Provinsi Jateng masuk nominasi tiga besar bersama Jawa Timur dan Jawa Barat,” ujar Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat menerima Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional BKKBN RI, Jumat (31/5/2024).

“Selamat datang dan terima kasih” kepada Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional BKKBN RI, beserta rombongan di Kabupaten Sukoharjo,” ujar Etik.

Dikatakan Etik, sebagaimana diketahui bersama, Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta membentuk keluarga yang berkualitas. Pendekatan program KB saat ini tidak hanya fokus pada pengendalian populasi dan penurunan fertilitas saja tetapi juga diarahkan pada pemenuhan hak-hak reproduksi.

“Partisipasi pria menjadi penting dalam KB dan KR (Kesehatan Reproduksi) karena pria adalah “partner” dari wanita dalam reproduksi dan seksual, sehingga pria dan wanita harus berbagi tanggung jawab,” ujarnya.


Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan P3A terus mengupayakan agar kesertaan KB Pria dapat meningkat dengan mengatasi faktor penyebab rendahnya kesertaan KB pria.

Nah, upaya pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pria dalam pemakaian kontrasepsi dilakukan secara intensif dan terus-menerus, diantaranya melalui pemberdayaan ekonomi keluarga, meningkatkan kepesertaan KB pria khususnya MOP Vasektomi dan menyediakan fasilitas KIE dan konseling tentang informasi KB pria.

“Untuk Sukoharjo sendiri diwakili oleh Kelompok KB Pria “Surya Kencana” Desa Karangwuni, Kecamatan Weru,” ujar Bupati.

Bupati berharap seluruh pihak terkait dapat bergerak aktif dan saling bersinergi mengikuti proses verifikasi penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional ini dengan sebaik-baiknya. Harapannya, Kabupaten Sukoharjo mampu menorehkan prestasi berhasil menjadi juara Tingkat Nasional,” pungkasnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *