Stok Darah PMI Menipis, Anggota Kodim Donor Darah Sukarela

Anggota Kodim 0726 Sukoharjo saat melakukan donor darah sukarela di Kantor PMI Sukoharjo, Senin (6/4/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pendemi virus Corona menyebabkan banyak agenda donor darah PMI yang dibatalkan. Meski begitu, PMI tetap melayani donor darah di kantor dan disosialisasikan pada masyarakat dan juga instansi pemerintah. Terkait hal itu, Kodim 0726 Sukoharjo mengirim anggota ke Kantor PMI untuk melakukan donor darah untuk mengisi stok darah yang semakin menipis, Senin, (6/4/2020).



Perwira Seksi Terirorial (Pasiter) Kodim 0726 Sukoharjo, Kapten Inf Gasar mengatakan, dalam rangka membantu mengisi cadangan darah di PMI yang sudah menipis, anggota Kodim berpartisipasi mendatangi Kantor PMI Sukoharjo melaksanakan donor darah secara sukarela. Hal itu sesuai amanat UU Kesehatan No 36 tahun 2009 dan PP No 7 tahun 2011 tentang Pelayanan Darah, serta rekomendasi WHO bahwa darah transfusi yang aman dan berkualitas berasal dari donor sukarela.

“Kebutuhan darah merupakan hal yang urgen berkaitan dengan jiwa seseorang di rumah sakit. Dalam hal ini masyarakat mempunyai peran penting dalam menjamin ketersediaan darah dalam jumlah yang cukup,” ujarnya.

Diharapkan aksi donor darah sukarela dari anggota Kodim tersebut dapat membantu mengisi stok darah di PMI Sukoharjo yang sudah menipis sebagai imbas pandemi Corona. Pasalnya, sejak virus Corona mewabah banyak agenda donor darah oleh PMI dibatalkan

Sebelumnya, Kasi Pelayanan Masyarakat UDD PMI Sukoharjo, Musrifah mengatakan, ada beberapa kendala mengenai kebutuhan stok darah di Sukoharjo selama wabah corona. Salah satunya adalah penjadwalan donor darah dibatalkan oleh para pemohon maupun penyelenggara. Namun meskipun, dengan adanya wabah corona, kebutuhan darah merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus terpenuhi sehingga PMI tetap membuka layanan donor darah secara sukarela di Kantor PMI. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed