Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Solo Lolos KSN Tingkat Nasional

SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo, Dzaky Aulia Fadhil akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam event KSN tingkat nasional.

Sukoharjonews.com (Solo) – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Solo berhasil meloloskan siswanya dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2021 bidang Matematika. Siswa yang berhasil lolos adalah Dzaky Aulia Fadhil, siswa kelas 9 yang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam event KSN tingkat nasional pada bulan November mendatang.




Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Solo, Muhdiyatmoko, mengapresiasi dan sangat bangga atas siswanya yang dinyatakan lolos. Hal itu berdasarkan informasi surat keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 2458/j3/DM.01/2021 tentang penetapan peserta KSN tingkat nasional jenjang SMP tahun 2021.

“Kami sangat bersyukur dan mengucapkan selamat atas prestasi yang diperoleh ananda Dzaky. Kami yakin dengan ikhtiar dan doa yang dilakukan akan mendapatkan hasil terbaik. Ananda Dzaky itu siswa yang memiliki komitmen kuat dan cerdas,” terang Muhdiyatmoko, dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Kamis (21/10/2021).

Sementara itu, Dzaky Aulia Fadhil, siswa yang lolos KSN tingkat nasional mengaku senang karena perjuangan dan doa selama ini membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Dia menceritakan pengalaman mengerjakan soal KSN tingkat provinsi tidak menemukan kendala.

“Ada sepuluh soal isian singkat seputar geometri, aljabar, dan sebagainya. Ada beberapa yang sulit, tetapi saya berusaha untuk bisa menyelesaikan dalam waktu 90 menit,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan KSN tingkat nasional, Dzaky mengaku akan meningkatkan pola dan gaya belajar. Selama ini, ujarnya, setiap hari belajar dengan durasi rata-rata empat jam untuk berlatih soal-soal KSN. Soal-soal biasanya didapatkan dari internet dan guru di sekolah.

Selain itu, Dzaky juga mempersiapkan mental dan motivasi diri untuk meraih kemenangan di event KSN tingkat nasional. Menurutnya, Matematika itu asyik karena mendapatkan banyak tantangan untuk diselesaikan. “Saya harap saya bisa terus maju untuk bisa membawa nama baik pribadi dan sekolah serta membanggakan orang tua,” katanya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.