Simak Inilah Tips Mudah dan Sehat Menyikapi Kegagalan

Simak Inilah Tips Mudah dan Sehat Menyikapi Kegagalan. (Foto: Pexels)

Sukoharjonews.com – Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, kegagalan merupakan bagian dari hidup yang tak bisa dihindari. Entah itu dalam hal cinta, karir, atau kehidupan sehari-hari. kegagalan adalah kesulitan, situasi bermasalah, atau kemalangan yang dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli siapa mereka dan jalan apa yang mereka pilih dalam hidup.


Dilansir dari PsychCentral, Senin (13/3/2023), jika kamu merasa putus asa, dan hilang semangat kamu sebaiknya tidak larut dalam kegagalan terlalu lama. Karena, kegagalan akan menumbuhkan dampak negatif lain apabila tidak segera kamu sikapi. berikut 6 cara menyikapi kegagalan yang bisa kamu terapkan.

1. Ubah Fokus Kamu
Terlalu fokus pada hal negatif dapat menyebabkan fenomena psikologis yang dikenal sebagai self-fulfilling prophecy, yaitu proses yang menyebabkan persepsi kamu yang awalnya tidak akurat menjadi benar.

Sebagai gantinya, kamu bisa mulai ubah fokusmu melalui berbagai kegiatan seperti self-talk yang positif, meditasi, dan kegiatan positif lainnya. Hal ini dapat membantu kamu agar tidak terlalu fokus dan akhirnya larut pada kegagalan yang dialami.


2. Mulailah untuk Journaling
Journalling itu mudah dan simpel, kamu bisa menulis apa saja yang terjadi dan perasaan yang kamu rasakan. Journaling juga bisa dijadikan sebagai bentuk terapi yang menyenangkan.

Terlebih lagi, menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh European Journal of Personality pada tahun 2021, menulis jurnal dapat membantu kamu merefleksikan dan menghadapi kesulitan yang sedang dihadapi dengan lebih baik.Dari sinilah, kamu dapat memperoleh insight dan berlatih untuk lebih bijaksana dalam menyikapi kegagalan.

3. Membatasi Interaksi yang Tidak Menguntungkan
Interaksi disini diartikan sebagai interaksi yang mengandung segala hal negatif yang bisa kamu dengar dan bersifat tidak menguntungkan. Contohnya, pandangan orang lain terhadap kamu.

Setiap orang punya pandangan, tapi nggak semua pandangan itu positif atau membangun. Tak jarang, interaksi dengan orang lain di saat kamu menghadapi kegagalan, malah bisa bikin kamu down dan meragukan diri sendiri.


4. Dekatkan Dirimu di Sekeliling Orang-orang yang Positif
Mereka yang bersikap positif dan memiliki pola pikir yang baik, dapat membantu memberi motivasi kepada kamu.Orang-orang yang akan memuji atau merespons secara positif terhadap tujuan, ambisi, dan pilihan kamu dapat membantu memberikan kepercayaan diri untuk terus maju.

5. Rayakan Pencapaianmu
Tak peduli besar atau kecilnya prestasi atau pencapaian yang telah diraih, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk merayakannya. Sederhana saja, nggak harus perayaan yang mewah.

Tujuannya agar kamu sadar dan merasa bangga sama diri sendiri. Karena dengan begitu, kamu bisa melihat kemajuan yang sudah dicapai dan membuatmu semakin percaya diri. Hal ini tentunya dapat membantu kamu mengatasi kegagalan yang dihadapi secara bertahap.


6. Jangan Takut untuk Mencoba Lagi
Kegagalan, baik di lingkup profesional maupun pribadi, bisa jadi sulit untuk dihadapi dan terasa melelahkan. Tapi, sebaiknya jangan biarkan rasa takut menghentikanmu untuk mencoba lagi. Percayalah, semakin sering kamu mencoba, semakin dekat kamu dengan keberhasilan.

Ingatlah bahwa hanya karena satu kegagalan, itu tidak berarti semua pintu keberhasilan tertutup. Karena pada dasarnya, keberhasilan tidak datang begitu saja, melainkan melalui proses yang panjang bersama segala kegagalan maupun penolakan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *