Simak Hobi yang Bisa Berdampak Baik untuk Kesehatan Mental

Hobi yang bisa berdampak baik untuk kesehatan mental. (Foto : Pexels)

Sukoharjonews.com – Hobi sehat adalah kegiatan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Namun, terkadang hobi sehat ini sulit dilakukan karena kesibukan sehari-hari yang begitu menyita waktu.


Dilansir dari Everyday Health, Kamis (23/3/2023), kamu perlu memilih 5 hobi sehat di bawah ini yang bisa dilakukan kurang dari seminggu dan baik untuk kesehatan mental. Simak ulasannya

1. Membaca Bisa Menenangkan Pikiran
Menurut Latasha Perkins, MD, seorang dokter keluarga dan asisten profesor kedokteran di Universitas Georgetown di Washington DC, membaca buku sangat bagus untuk meredakan kecemasan.

“Meluangkan waktu untuk membaca dapat membantu menenangkan pikiran dengan memberimu sesuatu yang positif dan meyakinkan untuk fokus, menjauhkan pikiran dari pikiran negatif yang mengganggu”, lanjutnya. Kamu bisa memulai dengan membaca 2-5 halaman sehari.


2. Yoga dapat Meningkatkan Relaksasi
Yoga adalah pilihan bagus yang bisa kamu lakukan. Yoga dapat meningkatkan relaksasi tubuh karena latihan yoga yang teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan emosional.

Sebuah studi yang terbit pada Desember 2020 menemukan bahwa yoga melibatkan sistem saraf parasimpatis yang berfungsi sebagai respons rest and digest.

3. Aktivitas Luar Ruangan dapat Meningkatkan Perasaan Baik
Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan, seperti berkebun, akan terjadi pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang membuatmu merasa nyaman yang disebut hormon endorfin.


Dr. Perkins mengatakan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari pada kulit dapat meningkatkan produksi serotonin yang meningkatkan suasana hati. Artinya, kamu bebas beraktivitas di luar ruangan seperti di pagi dan sore hari.

4. Meditasi dapat Menurunkan Tingkat Stres
Meditasi dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan detak jantung, dan kadar kortisol (pengatur gula darah), ini temuan dalam psikoneuroendokrinologi komprehensif. Meditasi juga dapat memberi dorongan pada otak dengan meningkatkan daya ingat, rentang perhatian, dan keterampilan pengaturan emosi untuk menangani stres sehari-hari.


5. Membuat Karya Seni dapat Mengurangi Stres
Sebuah studi pada tahun 2022 menemukan bahwa melukis dapat meningkatkan fokus, meningkatkan harga diri dan dapat menghilangkan stres. Bagi kamu yang menyukai lukisan, maka bisa menggunakan media lukis untuk menuangkan isi pikiran. Atau kamu juga bisa mengunjungi pameran di akhir pekan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *