Simak Daftar 6 Artis yang Terseret Kasus DNA Pro dan Keterlibatannya

Ilustrasi. (Foto: TBnews)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Sejumlah artis terseret kasus robot trading DNA Pro. Saat ini, kasus investasi bodong dalam platform DNA Pro tersebut tengah diusut Bareskrim Polri. Dalam kasus DNA Pro, kerugian yang diderita ratusan korban mencapai Rp97 miliar. Bareskrim Polri pun sudah menetapkan 12 orang tersangka.


“Tiga nama tersangka DPO kasus robot trading DNA PRO yang diterbitkan red notice yaitu Fauzi alias Daniel Zii, Elizar Daniel Piri alias Daniel Abe, dan Ferawaty alias Fei,” kata Whisnu, dikutip dari laman TBnews Polri, Selasa (19/4/2022).

Untuk artis yang terseret dalam kasus, saat ini sudah diumumkan ada enam orang. Satu persatu para artis tersebut dipanggil untuk diperiksa. Enam artis tersebut adalah:

1. Ivan Gunawan: Diperiksa: 14 April 2022

Ivan Gunawan jadi publik figur pertama yang diperiksa dalam kasus ini. Pria yang akrab disapa dengan nama Igun ini diperiksa selama 3,5 jam dengan 16 pertanyaan. Igun juga mengembalikan uang sebesar Rp921,7 juta dari Rp1,09 miliar yang menjadi biaya kontrak selama tiga bulan.

Igun mengaku hubungan dengan DNA Pro karena dirinya dijadikan ambassador yang awalnya dikontrak selama 3 bulan untuk postingan IG dan juga IG, baik feed maupun story. Selisih pengembalian Rp168,3 juta dikatakan Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Pol Gatot Repli Handoko pihak DNA Pro menggunakannya untuk pembukaan akun.

2. Marcello Tahitoe: Diperiksa: 18 April 2022

Penyidik menjadwalkan pemeriksaan Marcello Tahitoe alias Ello pada 18 April sebagai saksi. Belum ada tanggapan apapun dari pihak Ello sendiri terkait apa keterlibatannya dalam kasus ini.

3. Billy Syahputra: Diperiksa: 19 April 2022

Bersamaan dengan pengumuman jadwal pemeriksaan Ello, Kabag Penum Divisi Humas Polri mengumumkan Billy Syahputra akan diperiksa pada hari berikutnya. Sama dengan Ello, Billy akan diperiksa sebagai saksi dan keterlibatannya belum diungkapkan oleh pihak kepolisian.

Namun, terdapat momen Billy bersama salah satu founder DNA Pro, yaitu Stevan Richard alias Stefanus Richard, pada Desember 2021 lalu. Kala itu, Stevan membeli mobil alphard keluaran 2018 milik Billy yang dibanderol Rp900 juta dengan harga Rp1,1 miliar. Dalam kesempatan itu, Steven turut mengungkap investasi robot trading yang dilakukan sehingga bisa memiliki uang sebanyak itu.


4. Rizky Billar: Jadwal diperiksa: 20 April 2022

Tak hanya Billy, Stevan Richard juga sempat menyambangi pasangan Rizky Billar dan Lesti Kejora. Saat kelahiran putranya, Stevan kedapatan memberi uang satu koper dengan jumlah sekitar Rp1 miliar. Hal itu terungkap di unggahan Rizky yang saat ini sudah dihapus.

“Ternyata kado spesialnya koper isi sejumlah uang yang jumlahnya alhamdulillah sekali. Hadiah yang tidak terduga tentunya di hari jumat yang berkah ini,” tulis Rizky Billar di akun instagramnya, 29 Januari 2022.

Namun, Stevan saat diperiksa polisi mengungkapkan pemberian tersebut untuk konten semata. Ia bertujuan mempromosikan DNA Pro lewat pasutri tersebut.

Atas hal ini, Rizky Billar siap memenuhi panggilan polisi. Pemeriksaannya pun telah dijadwalkan pada 20 April mendatang.

5. DJ Una: Jadwal diperiksa: 21 April 2022

Selanjutnya, ada DJ Una yang mengklaim dirinya sebagai korban. Perempuan bernama lengkap Putri Una Astari Thamrin ini awalnya berinvestasi Rp623 juta. Seiring berjalannya waktu, ia mendapatkan keuntungan Rp1,3 miliar. Namun, ia mengungkap hanya Rp623 juta saja yang dapat ditarik, sementara Rp700 juta lainnya tertahan.

Meski pernah mengunggah tentang DNA Pro di media sosialnya, DJ Una membantah jika dirinya adalah brand ambassador atau affiliator robot trading ini. Ia tetap akan dimintai keterangan oleh kepolisian pada 21 April.

6. Virzha: Diperiksa: 22 April 2022

Vokalis sementara Dewa 19 sebelum Ello, yaitu Virzha, jadi nama baru yang muncul dalam kasus ini. Keterkaitannya masih belum diungkap dan ia akan diperiksa sebagai saksi sehari setelah pemeriksaan DJ Una. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *