Ragam  

Sempat Ngendon di Bank Penyalur, Sebanyak 10.197 Kartu Tani Mulai Didistribusikan

Kartu Tani. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 10.197 Kartu Tani mulai didistribusikan pada petani setelah sempat ngendon di bank penyalur. Diketahuinya ribuan Kartu Tani tersebelum belum tersalur setelah Dinas Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo mendapatkan keluhan dari petani.




“Kami mendapat keluhan dari petani yang mengaku belum menerima Kartu Tani, padahal kartu ini sangat penting untuk menebus pupuk subsidi,” terang Kepala Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, Senin (4/10/2021).

Dikatakan Bagas, setelah mendapat keluhan tersebut, dinas kemudian melakukan koordinasi dengan bank penyalur dalam ini BRI. Dari koordinasi tesebut diketahui Kartau Tani sudah tercetak namun belum didistribusikan sehingga setelah koordinasi tersebut masalah bisa terurai dan Kartu Tani langsung dibagikan.

Saat ini, lanjut Bagas, penyuluh pertanian bersama BRI mulai mendistribusikan Kartu Tani tersebut. Distribusi dilakukan di Kecamatan Gatak, Baki, dan Kecamatan Polokarto. Bagas berharap semua petani yang sudah terdaftar segera mendapatkan Kartu Tani agar bisa membeli pupuk bersubsidi.

Bagas menambahkan, sesuai data diketahui Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah terinput di Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK) sejumlah 41.910. Namun, data yang valid hanya 41.908 dan Kartu Tani-nya semua sudah tercetak. Hanya saja, kartu tani yang terdistribusi ke petani hanya ada 31.711 atau 75,7%dari total yang sudah dicetak.

“Artinya ada selisih 10.197 Kartu Tani yang belum dibagikan dan saat ini sudah mulai dibagikan setelah ada koordinasi dengan bank penyalur,” tambah mantan Camat Grogol tersebut. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *