Ragam  

Sebanyak 76 Warga Kurang Mampu Sukoharjo Terima Bantuan Baznas, Total Senilai Rp148,5 Juta

Secara simbolis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan dari Baznas di Lobi Kantor Bupati, Kamis (2/11/2023).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Bantuan kembali disalurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo. Secara simbolis bantuan diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Lobi Kantor Bupati, Kamis (2/11/2023). Kali ini, jumlah warga yang menerima bantuan sebanyak 76 orang dengan nilai total Rp148,5 juta.


Untuk besaran bantuan sendiri bermacam-macam dengan nilai terkecil Rp1 juta dan paling besar Ro3,9 juta. Bantuan sendiri selain berupa uang tunaa juga diwujudkan dengan barang.

Bantuan yang disalurkan antara lain bantuan biaya pengobatan, bantuan biaya pendidikan, bantuan modal usaha. Selain itu, juga ada bantuan gerobak hik, bantuan pembelian kompresor, dan lainnya.

“Bantuan untuk masyarakat kurang mampu rutin diberikan oleh Baznas Sukoharjo. Jadi, warga yang menerima bantuan ini sebelumnya mengajukan permohonan kepada Bupati dan diteruskan ke Baznas agar bisa cepat cair,” ujar Etik.


“Kalau harus dianggarkan dulu di APBD bisa lama, padahal masyarakat butuh bantuannya sekarang,” sambungnya.

Etik mengatakan, bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kabupaten Sukoharjo yang tengah membutuhkan. Bantuan yang diberikan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Prinsipnya saya pasti menindaklanjuti setiap permohonan yang masuk. Jadi, jika masyarakat kurang mampu dan sangat membutuhkan bantuan, bisa mengajukan pada Bupati,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, menyampaikan, program bantuan yang disalurkan terdiri dari empat kategori. Masing-masing Sukoharjo Cerdas senilai Rp4,885 juta, Sukoharjo Makmur senilai Rp61,5 juta, Sukoharjo Peduli senilai Rp12,5 juta, dan Sukoharjo Sehat senilai Rp69,646 juta.

“Jadi totalnya mencapai 148,531 juta. Sebelum bantuan cair, kami melakukan survei dulu ke calon penerima untuk memastikan bantuan tepat sasaran,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *