Ragam  

Sebanyak 10 Warga Terima Bantuan Rehab RTLH dari Baznas Sukoharjo, Bantuan Diantar Langsung oleh Bupati

Sebanyak 10 warga di Kecamatan Bulu menerima bantuan rehab RTLH dari Baznas dimana bantuan diserahkan langsung Bupati Etik Suryani, Rabu (22/11/2023).

Sukoharjonews.com (Bulu) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo kembali menyalurkan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Kali ini, ada 10 warga di Kecamatan Bulu yang menerima dimana bantuan Seperti biasanya, bantuan diantar langsung oleh Bupati Etik Suryani, Rabu (22/11/2023).


Warga penerima bantuan sendiri ada di Desa Lengking (7 penerima), Desa Tiyaran (1 penerima), Kedungsono (1 penerima), dan Desa Malangan (1 penerima). Bupati sendiri mendatangi langsung penerima bantuan di empat desa tersebut.

Untuk nilai bantuan sendiri bervariasi dimana bantuan terkecil Rp7,5 juta dan bantuan terbesar Rp20 juta.

“Tentunya dengan bantuan ini diharapkan masyarakat bisa memperbiki rumah sehingga nantinya memiliki rumah yang layak huni. Nanti hasil rehab rumahnya dilaporkan melalui desa masing-masing,” ujar Etik.

Etik mengatakan, selama ini ada permohonan bantuan yang masuk ke Bupati melalui desa dan kecamatan dan diteruskan ke Baznas. Sebelum bantuan diberikan, terlebih dahulu Baznas melakukan survei ke lokasi untuk memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.


“Selama ini datang langsung ke lokasi untuk melihat kondisi rumah yang mendapat bantuan. Dari pantauan ini diketahui jika masih banyak rumah yang tidak layak huni sehingga benar-benar butuh dibantu. Dinding masih dari “gedhek”, lantai masih ada yang dari tanah, tidak punya kamar mandi, dan lainnya,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Baznas Sukoharjo, Sardiyono, mengatakan sebelumnya Baznas telah melakukan survei sebelum bantuan diberikan. Menurutnya, survei dilakukan untuk memastikan kondisi calon penerima benar-benar memenuhi syarat sebagai penerima bantuan rehab RTLH.

“Soal nilai bantuan yang berbeda, memang hal itu ditentukan berdasarkan survei di lapangan. Tergantung kondisi rumah masing-masing. Penyaluran bantuan rehah akan dilanjutkan besok, Kamis (23/11/),” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *