Ragam  

Satu Pospam Lebaran Digeser ke Sanggung, Antisipasi Arus Lalin dari Arah Yogyakarta

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi bersama Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Polres Sukoharjo mulai mempersiapkan diri untuk pengamanan Lebaran utamanya arus mudik dan juga arus balik. Nantinya, arus mudik diantisipasi dengan menyiapkan pola operasi bersandikan ketupat. Terkait hal itu, Polres menyiapkan sejumlah Pos Pengamaman (Pospam) Terpadu di empat titik. Tahun ini, ada pergeseran Pospam dari Pospam Ngasem, Kartasura di geser ke Sanggung yang merupakan wilayah perbatasan dengan Klaten.



“Polres Sukoharjo sudah menyiapkan titik-titik yang akan dijadikan Pospam Lebaran dimana didalam Pospam ini akan disisi petugas gabungan,” jelas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Kamis (16/5).

Lebih lanjut menurut Kapolres, Pospam Lebaran tersebut masing-masing di simpang lima Sukoharjo, Patung Pandawa Solo Baru, Eks Terminal Kartasura, dan di Sanggung. Pospam Penggung merupakan pos yang berada di perbatasan dengan Klaten. Pospam tersebut merupakan titik baru pergeseran dari Ngasem, Kartasura. Kapolres mengaku, pergeseran tersebut dilakukan menindaklanjuti fenomena tahun lalu dimana dibombardir dengan kemacetan yang luar biasa di simpang tiga Kartasura.

“Kemacetan yang terjadi tahun lalu justru didominasi kendaraan lokal dari Yogyakarta dan Solo sehingga memperlukan upaya ekstra untuk mencairkan arus dan bahkan sampai dini hari dan pagi hari,” jelasnya.

Dari pengalaman tahun lalu tersebut, ujarnya, akhirnya Pospam yang biasanya ada di Ngasem digeser ke Penggung karena arus terbesarnya adalah Yogyakarta-Solo sehingga akan diantisipasi di Penggung dengan keberadaan Pospam. Diharapkan pola tersebut tepat, bisa membantu dan dirasakan manfaatnya saat arus mudik maupun saat Operasi Ketupat nanti.

Disamping Pospam, ujar Kapolres, Polres juga menyiapkan personel gabungan lengkap, baik Polri, TNI dan stage holder lain sperti Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan lainnya. Seluruh elemen yang terkait dengan hajat hidup orang banyak sudah dikumpulkan untuk rapat koordinasi awal dan selanjutnya akan dicek kesiapannya.

Disinggung soal titik-titik rawan, Kapolres mengaku titik rawan sendiri identik dengan penempatan Pospam. Menurutnya, Pospam di simpang lima Sukoharjo mengantisipasi kegiatan masyarakat lokal Sukoharjo yang jadi tumpuan di simpang lima. Selain itu, juga akses tedekat dengan alun-alun tempat masyarakat berkumpul. Pospam Patung Pandawa juga titik kerawanan karena karakteristiknya adalah kawasan pusat perbelanjaan maupun kuliner malam.

Sedangkan Pospam Kartasura merupakan titik krusial penghubung antara Solo-Yogyakarta, Yogyakarta-Semarang dan Solo-Semarang. Kartasura menjadi titik krusial sehingga lokasi memerlukan perhatian ekstra dan penanganan ekstra oleh petugas. “Untuk Sanggung sudah saya jelaskan di awal dimana sebagai antisipasi lonjakan kendaraan dari arah Yogyakarta sehingga terjadi kemacetan di Kartasura,” ujar Kapolres. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *