Ragam  

Satlantas Sosialisasikan Jalur Khusus Sepeda di Jalan Jenderal Sudirman

Satlantas dan Dishub membuat jalur khusus sepeda mulai dari simpang kejaksaan hingga SPBU Jombor.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Maraknya aktivitas bersepeda masyarakat membuat Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Sukoharjo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) membuat jalur khusus sepeda di jalan protokol dalam hal ini Jalan Jenderal Sudirman. Dengan membuat jalur khusus sepeda tersebut diharapkan arus lalu lintas lebih tertib ketika masyarakat yang tengah bersepeda melintas di jalan raya dan juga untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas.



“Jalur khusus sepeda sudah dibuat markah dengan cat warna kuning. Yang jelas, yang bersepeda tidak boleh berjajar ke samping, tapi berderet ke belakang,” jelas Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Maryanto, Selasa (16/6/2020).

Lebih lanjut Kasatlantas mengatakan, sejak ada pandemi virus corona, aktivitas berolahraga masyarakay dengan bersepeda melonjak tajam. Biasanya aktivitas bersepeda ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk itu, saat melewati jalan raya, diimbau untuk menggunakan jalur khusus sepeda. Masyarakat diimbau tertib untuk menjaga keselamatan.

Markah jalur khusus sepeda sendiri untuk sementara baru dibuat di sisi barat Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya dari simpang kejaksaan hingga SPBU Jombor. Nantinya, jalur khusus sepeda juga akan dibuat di ruas jalan lain yang memungkinkan. “Boomingnya aktivitas bersepeda masysarakat harus disikapi agar tidak menimbulkan kesemrawutan lalulintas dan dalam rangka menjaga keselamatan juga,” ujar Kasatlantas.

Kanit Dikyasa Satlantas Sukoharjo, Iptu Prasetyo menambahkan, sosialisasi mengenai jalur sepeda dan juga aturan-aturan dalam bersepeda akan dilakukan secara intensif. Baik itu melalui selebaran, maupun melalui media sosial. Saat ini, materi sosialisasi tengah disiapkan Satlantas. Menurutnya, pembuatan jalur khusus sepeda akan dilakukan secara bertahap.

“Maraknya aktivitas bersepeda tidak hanya Sukoharjo, tapi juga didaerah lain sejak muncul pandemi virus corona,” ujarnya.

Dari pantauan di Jalan Jenderal Sudirman, markah jalur khusus sepeda tersebut dibuat dengan cat warna kuning. Markah tersebut berisi gambar sepeda dan tulisan jalur sepeda. Dengan dibuatnya jalur khusus sepeda tersebut, diharapkan masyarakat tertib. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.