Sabar Ya Pak Tani, Pembukaan Pintu Dam Colo Masih Januari 2020

Pintu air Dam Colo diperkirakan baru akan dibuka bulan Januari 2020 mendatang. (Foto: Dok)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Petani Sukoharjo dan juga petani daerah lain masih harus bersabar menanti aliran air dari Dam Colo. Pasalnya, pembukaan pintu air Dam Colo timur dan barat baru akan dilakukan pada Januari 2020 mendatang. Molornya pembukaan pintu air saluran Dam Colo dikarenakan belum memenuhinya debit air yang ada di Waduk Gajah Mungkur. Hal itu dikarenakan hingga kini intensitas hujan belum mampu menaikkan debit air secara signifikan.



Seperti diketahui, pintu air Dam Colo sudah ditutuo sejak 15 September lalu. Biasanya, penutupan hanya dilakukan satu bulan untuk perawatan saluran. Namun, pembukaan kembali pintu air belum bisa dilakukan saat ini karena terkendala debit air. “Informasi pembukaan pintu air baru akan dilakukan di bulan Januari 2020 menunggu debit air mencukupi,” jelas Ketua Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur, Jigong Sarjanto, Jumat (29/11).

Jigong mengatakan, kalaupun pintu air dibuka saat ini, debit air yang mengair di saluran Dam Colo juga tidak bisa maksimal. Pasalnya, air di Sungai Bengawan Solo belum mencukupi karena debit air yang disalurkan dari Waduk Gajah Mungkur juga belum maksimal. Meski hujan sudah mulai turun, ujar Jigong, intensitasnya juga belum tinggi sehingga belum bisa menaikkan debit air secara signifikan.

“Petani yang ingin menanam padi, bisanya mencari sumber air alternatif seperti sumur panthek. Masalahnya, debit air sumur juga berkurang drastis,” ujarnya.

Petani pun juga tidak bisa serta merta memperdalam kedalaman sumur panthek. Pasalnya, untuk memperdalam sumur dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Menurutnya, saat ini banyak petani yang membiarkan lahan sawahnya begitu saja alias tidak ditanami. Jika pintu air baru dibuka Januari, dengan kata lain petani harus bersabar satu bulan lagi. Itupun, tanggal pembukaan di Januari tersebut juga belum bisa dipastikan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed