Rumah Sehat Corona di Mandan Resmi Beroperasi, Diresmikan Bupati

Bupati Wardoyo Wijaya bersama istri Etik Suryani saat meninjau Rumah Sehat Corona yang menempati Barak Dalmas Polres di Kelurahan Mandan, Senin (11/5/2020).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Barak Dalmas Polres di Kelurahan Mandan, Sukoharjo resmi dioperasikan sebagai tempat karantina kasus positif Corona kategori orang tanpa gejala (OTG). Tempat karantina tersebut diberi nama “Rumah Sehat Corona” dan peresmiannya dilakukan oleh Bupati Wardoyo Wijaya dan dihadiri sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Senin (11/5/2020).



“Rumah sehat ino untuk memutus rantai penularan dari kasus positif tanpa gejala. Rumah Sehat ini akan merawat dan memantau kondisi klinis yang bersangkutan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Dijelaskan Yunia, positif Corona kategori OTG yang akan menghuni Rumah Sehat tersebut adalah kasus positif yang tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Nantinya, gugus tugas tingkat kecamatan akan merekomendasi siapa saja yang akan dikarantina di Rumah Sehat. Selain itu, calon penghuni juga membuat surat pernyataan bersedia untuk menjalani karantina di Rumah Sehat.

Nantinya, ujar Yunia, warga positif Corona yang dikarantina akan dipantau secara rutin kondisi klinisnya, aktivitas fisik, pemberian nutrisi serta pengecekan laboratorium. Rumah Sehat dibagi dalam beberapa zona, yakni zona hijau, zona kuning, serta zona merah. “Batas pengunjung di zona hijau, untuk zona merah adalah tempat perawatan sehingga tidak bisa dikunjungi,” ujar Yunia.

Rumah Sehat sendiri terdiri dari dua lantai dimana lantai satu untuk menampung kasus positif laki-laki dan lantai dua untuk kasus positif perempuan. Rumah Sehat dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, televisi, jaringan wifi, dan lainnya.

Sedangkan Bupati Wardoyo Wijaya menyampaikan, Pemkab Sukoharjo benar-benar memberikan perhatian luar biasa pada kasus pandemi Corona saat ini. Menurutnya, Pemkab Sukoharjo melalui Gugus Tugas sudah melakukan berbagai upaya pencegahan penularan virus Corona. Salah satunya adalah menyiapkan tempat untuk karantina bagi kasus positif kategori OTG.

“Rumah Sehat Corona ini memiliki fasilitas kesehatan yang memadai sehingga pasien diharapkan segera sembuh dan bisa beraktivitas normal kembali. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *