Resep dan Cara Membuat Camilan Churro yang Paling Mudah

Resep dan caramembuat camilan churro. (Foto: Pinterest)

Sukoharjonews.com – Camilan churro buatan sendiri ini adalah kombinasi sempurna antara manis dan gurih. Bagian dalamnya yang empuk kaya dan beraroma, sedangkan bagian luarnya renyah dan berwarna cokelat keemasan dengan kayu manis dan gula secukupnya untuk keseimbangan. Paling enak disajikan panas setelah dikeluarkan dari penggorengan, dicelupkan ke dalam saus coklat atau karamel.


Dikutip dari Scrambledchefs, Selasa (6/2/2024), berikut resep sederhana untuk membuat camilan churro:

Bahan-bahan
– 1 gelas air (250 ml)
– ¼ cangkir mentega (56 gram)
– 1 sendok makan gula pasir
– ¼ sendok teh garam
– 1 cangkir tepung (120 gram)
– 2 telur
– ½ sendok teh ekstrak vanila
– ½ cangkir gula pasir
– 1 sendok teh kayu manis bubuk


Cara Membuat Churro
Mulailah dengan membuat adonan churro. Dalam panci, dengan api sedang-besar, tambahkan air, mentega, gula, dan garam. Kocok semuanya, lalu didihkan.

Jika sudah mulai mendidih, kecilkan api menjadi sedang-kecil, lalu masukkan tepung hingga adonan mengental dan halus.

Tuang adonan ini ke dalam mangkuk dan sisihkan hingga dingin selama 5 menit. Selagi mendingin, siapkan gula kayu manis dengan mengocoknya dan menuangkannya ke dalam mangkuk dangkal untuk dikeruk nanti.


Jika adonan sudah dingin, masukkan telur dan ekstrak vanila hingga tercampur dan halus. Mixer tangan adalah yang terbaik untuk langkah ini.

Sekarang siapkan piping bag yang diberi ujung bintang jika memungkinkan, lalu pindahkan adonan yang sudah disiapkan ke dalam piping bag.

Panaskan minyak untuk menggoreng dalam wajan atau penggorengan hingga mencapai suhu 400 °F. Temperaturnya harus lebih tinggi untuk memastikan Anda mendapatkan bagian luar yang renyah sementara bagian dalam mengepul dan dibiarkan lembut.

Setelah panas, masukkan adonan dengan hati-hati ke dalam loyang dalam potongan lurus atau putar sesuai keinginan. Saya lebih suka melakukannya hanya 5 hingga 6 sekaligus agar wajan tidak terlalu penuh.


Camilan churro buatan sendiri ini adalah kombinasi sempurna antara manis dan gurih. Bagian dalamnya yang empuk kaya dan beraroma, sedangkan bagian luarnya renyah dan berwarna cokelat keemasan dengan kayu manis dan gula secukupnya untuk keseimbangan. Paling enak disajikan panas setelah dikeluarkan dari penggorengan, dicelupkan ke dalam saus coklat atau karamel. Resep sederhana ini akan menyaingi restoran mana pun.

Cobalah membuat resep camilan churro buatan sendiri ini untuk suguhan lezat yang menggugah selera. Churro ini mudah dibuat dan cocok untuk segala acara. Baik Anda mengadakan pesta atau sekadar ingin menyajikan suguhan istimewa di akhir pekan, ini adalah pilihan tepat yang pasti Anda sukai. (fadila-mg1/nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *