Ragam  

Ratusan Personel Gabungan Sukoharjo Ikuti Pelatihan SAR di Waduk Mulur

Ratusan personel gabungan mengikuti pelatihan SAR yang digelar Polres Sukoharjo di Waduk Mulur, Rabu (21/9/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Ratusan personel gabungan dari instansi terkait mengikuti pelatihan penanggulangan bencana/SAR (Search and Rescue) yang digelar Polres Sukoharjo di Waduk Mulur, Bendosari, Rabu (21/9/2022). Pelatihan digelar untuk meningkatkan kemampuan dalam menangani bencana alam.


“Pelatihan SAR gabungan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengatasi ataupun memberikan bantuan kepada masyarakat terkait bencana alam,” ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat membuka acara.

“Kita tahu menjelang musim penghujan, banyak tempat-tempat di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang berpotensi banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan yang lainnya. Untuk itu pelatihan ini bertujuan untuk melatih kembali kemampuan dalam tanggap bencana,” lanjutnya

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres meminta anggotanya memahami prosedur penanganan bencana alam dan membantu korban bencana alam.

“Kegiatan kali ini untuk membekali anggota dalam teknik penanggulangan bencana. Mereka harus siap saat diminta membantu saat bencana, minimal paham,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan, pelatihan itu diikuti oleh 150 personel gabungan, diantaranya anggota Polres Sukoharjo, Kodim 0726, BPBD, Satpol PP, Damkar, Senkom, mahasiswa UMS dan Univet, serta relawan lainnya.

“Pelatihan ini diikuti sekitar 150 personel gabungan, pelatihan tersebut meliputi SAR darat (Pemotongan kayu dan baja serta pemadaman kebakaran) dan SAR air (Cara membalik perahu, cara mendayung perahu dan cara menolong korban tenggelam), serta pengenalan terhadap jenis dan cara penanggulangan bencana,” ungkapnya.

“Harapannya dengan pelatihan ini kita memiliki kemampuan SAR yang baik, dapat membantu masyarakat mengurangi fatalitas, mengurangi jumlah korban, baik jiwa maupun harta benda,” tandas Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, menambahkan pihaknya menerjunkan dua regu anggotanya untuk mengikuti pelatihan SAR yang digelar Polres Sukoharjo.

“Harapannya dengan pelatihan gabungan ini kita bisa tanggap bencana. Sehingga nanti jika terjadi bencana yang tidak tau kapan, personel sudah tau akan bagaimana dan akan berbuat apa,” kata Dandim. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.