Program Indonesia Pintar, Sebanyak 667 Siswa Terima Bantuan Pendidikan

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan pendidikan PIP aspirasi Ketua DPR RI, Puan Maharani di Graha PGRI, Rabu (14/9/2022),

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 667 siswa di Kabupaten Sukoharjo menerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Penyerahan dilakukan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Graha PGRI, Selasa (14/9/2022). Bantuan pendidikan PIP tersebut merupakan aspirasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno, menyampaikan penerima bantuan pendidikan berasal dari semua jenjang. Mulai SLB, SD, SMP, SMA, dan SMK. Nilai bantuan sendiri bervariasi tergantung jenjang pendidikan dan kelas.

“Bantuan pendidikan untuk warga kurang mampu melalui PIP ini merupakan aspirasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani yang telah peduli dengan pendidikan masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

Menurut Etik, Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

KIP diberikan sebagai penanda/identitas penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP). Kartu tersebut memberi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan. Siswa pemilik KIP pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan SLB menerima bantuan dana dari pemerintah yang dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi.

PIP sendiri dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin atau rentan miskin, untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar).

“Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya,” ujar Etik.

Etik menambahkan, tahun 2022 ini Sukoharjo menerima PIP aspirasi Puan Maharani sebanyak 667 siswa. Terdiri dari jenjang SD 287 siswa, jenjang SMP 190 siswa, jenjang SMA 63 siswa, jennjang SMK 125 siswa, dan jenjang SLB dua siswa. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.