Pilkada Digelar Ditengah Pandemi Corona, Anggaran Dipastikan Membengkak

Ilustrasi Kantor KPU Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) serentak rencananya akan digelar pada 9 Desember ditengah pandemi virus corona. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menghitung ulang kebutuhan anggaran Pilkada karena dipastikan kebutuhan anggaran membengkak karena adanya protokol kesehatan terkait corona yang harus dilakukan. KPU memperkirakan ada kenaikan anggaran hingga Rp3 miliar.



“Sebelumnya anggaran Pilkada yang telah dialokasikan sebesar Rp23,138 miliar, namun karena pelaksanaan Pilkada masih dalam situasi pandemi virus corona, kebutuhan anggaran dipastikan akan membengkak,” ujar Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, Kamis (4/6/2020).

Pelaksanaan Pilkada 9 Desember diperkirakan masih dalam situasi pandemi karena belum dipastikan kapan pandemi corona akan berakhir. Untuk itu, banyak hal yang harus disiapkan KPU terkait dengan protokol kesehatan corona. tersebut. Nuril mengaku ada beberapa skenario yang disiapkan jika Pilkada dilaksanakan dengan menggunakan protokol kesehatan corona.

Menurutnya, beberapa hal yang harus disiapkan KPU antara lain memenuhi persyaratan surat keterangan sehat bagi penyelenggara Pilkada. Untuk itu, diperlukan rapid test pada semua penyelenggara Pilkada. Mulai dari anggota KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Selain itu, juga menyiapkan alat pengukur suhu tubuh atau thermogun, tempat cuci tangan di TPS.

“Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga akan naik untuk menerapkan “physical distancing”. Jika selama ini satu TPS bisa untuk 800 orang, nantinya dibuat maksimal 500 orang,” kata Nuril.

Nuril juga mengatakan, terkait hal itu KPU Sukoharjo sendiri masih petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan Pilkada dalam situasi pandemi corona. Rencananya, tahapan Pilkada sendiri akan dilanjutkan bulan Juni ini. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed