Pesan Untuk PT Freeport, Jokowi: Kelola dengan Hati-hati

Presiden Jokowi memasangkan jaketnya kepada seorang pegawai PT Freeport Indonesia, Rabu (31/8/2022). (Sumber: Tangkapan Layar)

Sukoharjonews.com (Papua) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan manajemen PT Freeport Indonesia untuk mengelola perusahaan dengan hati-hati. Perusahaan ini memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Mimika, Papua. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan karyawan PT Freeport Indonesia, Rabu (31/8/2022), di Kabupaten Mimika.


“Ini saya titip Pak Tony Wenas (Presiden Direktur PT Freeport Indonesia), pengelolaan Freeport ini agar betul-betul hati-hati karena menyangkut tidak hanya yang ada di Freeport, tetapi yang ada di Mimika, tetapi juga yang ada di Provinsi Papua. Hati-hati mengenai ini,” ujar Jokowi dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Kamis (1/8/2022).

Jokowi mengungkapkan, kontribusi Freeport terhadap PDRB di Kabupaten Mimika adalah sebesar 68% dan terhadap PDRB di Papua sebesar 34%.

“Begitu (kontribusi( ini di sini turun, (PDRB) Papua ikut turun, Mimika ikut turun. Hati-hati, karena ternyata setelah saya cek angkanya, kontribusinya sangat besar sekali,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Presiden pun mengapresiasi PT Freeport Indonesia yang pada tahun 2021 berhasil membukukan pendapatan hingga mencapai kisaran 7,5 miliar Dolar Amerika Serikat (AS).

“Saya senang karena pendapatan dari PT Freeport Indonesia di tahun lalu berada di sekitar, enggak tahu ini moga-moga enggak salah anu saya, di angka 7,5 miliar Dolar AS. Ini juga angka yang gede banget,” tuturnya.

Seperti disampaikan Presiden Komisaris PT Freeport Indonesia, Richard Adkerson dalam laporannya, jika sekitar 30 tahun yang lalu operasional di Freeport Indonesia didominasi oleh ekspatriat, saat ini 98% pekerjanya adalah orang Indonesia dan lebih dari 40% adalah orang asli Papua.

“Tadi dari awal saya lihat, saya lihat, saya lihat, saya pikir yang hadir malam hari ini bule semuanya, ternyata yang banyak dari kita dan yang saya lihat juga, yang banyak dari tanah Papua,” pungkas Jokowi.

Di akhir sambutannya, Jokowi terlihat memberikan jaket yang ia kenakan kepada salah seorang karyawan PT Freeport Indonesia. Dalam kunjungan kali ini, Jokowi juga akan meninjau teknologi modern di bidang pertambangan 5G mining yang telah diimplementasikan oleh Freeport. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *