Ragam  

Peringati Hari Jamu Nasional, Bupati Sukoharjo dan Forkopimda Minum Jamu Bersama

Bupati Sukoharjo bersama Wakil Bupati dan oejabat Forkopimda minum jamu bersama memperingati Hari Jamu Nasional, Jumat (27/5/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Memperingati Hari Jamu Nasional, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Wakil Bupati Agus Santosa bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) minum jamu bersama. Acara digelar di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Jumat (27/5/2022).


Dalam kesempatan tersebut Etik mengatakan, selama ini Pemkab Sukoharjo sudah membuat kebijakan untuk minum jamu setiap hari Jumat. Dengan momentum Hari Jamu Nasional, kegiatan minum jamu bersama dilakukan bersama Forkopimda.

“Kebijakan minum jamu setiap hari Jumat merupakan upaya Pemkab Sukoharjo untuk melestarikan jamu yang merupakan budaya warisan leluhur. Terlebih lagi, Kabupaten Sukoharjo sudah ditetapkan sebagai kabupaten jamu oleh pemerintah pusat.

“Selain untuk melestarikan jamu, kebijakan minum jamu setiap hari Jumat juga untuk mendukung pelaku UMKM jamu agar tetap eksis, terlebih di masa pandemi saat ini,” ungkap Etik.

Etik juga mengatakan, dengan kebijakan minum jamu setiap hari Jumat, pelaku UMKM jamu di Kabupaten Sukoharjo tetap ekses sehingga perekonomian masyarakat terus meningkat. Terlebih lagi, Kabupaten Sukoharjo juga sudah memiliki kampung jamu dan juga Pasar Jamu Nguter.

Menurut bupati, jamu sudah menjadi warisan leluhur dan sudah dikenal sejak lampau. Bahkan di waktu dulu, jamu menjadi minuman wajib orang-orang terdahulu. Karena jamu dipercaya dan diyakini mampu menjaga stamina.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati dan pejabat lainnya juga menyempatkan diri berbincang dengan pelaku UMKM jamu yang mendirikan stan di kompleks Pendopo GSP. Bahkan, bersama Wakil Bupati, Bupati juga sempat praktik meracik jamu.

“Jamu harus dilestarikan karena merupakan warisan budaya bangsa. Dengan minum jamu itu juga bagian dari upaya pelestarian,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *