Ragam  

Pengurus FK LSM Baru Siap Bersinergi Dengan Pemerintah, Tepis Image Negatif

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya foto bersama dengan panitia musyawarah FK LSM beberapa waktu lalu.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Forum Komunikasi Lembaga Swadaya Masyarakat (FK LSM) baru saja menggelar musyawarah besar untuk pergantian pengurus. Dalam musyawarah tersebut, Edy Budiyono terpilih sebagai Ketua FK LSM Sukoharjo periode 2019-2022. Ke depan, FK LSM berkomitmen untuk bersinergi dengan pemerintah, membuat program yang bermanfaat untuk masyarakat untuk menepis image nagatif LSM.



“Kami berkomitmen akan bersingergi dengan pemerintah sekaligus menjalankan peran kami sebagai sosial kontrol pemerintah dalam hal ini Pemkab Sukoharjo,” ujar Edy.

Edy mengaku, setelah musyawarah selesai, dirinya selaku Ketua FK LSM tengah menyusun kepengurusan untuk tiga tahun ke depan. Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk menyusun program-program yang akan dilakukan ke depan. Menurutnya, FK LSM akan membuat program-program pemberdayaan masyarakat.

Sedangkan sesepuh FK LSM Sukoharjo Didik Rudiyanto mengatakan, nantinya pengurus FK LSM yang baru akan aktif memberikan peran untuk pembangunan di Sukoharjo. Hal itu untuk mengikis image negatif terkait LSM yang sering dikatakan hanya sebagai tukang kritik saja. Bahkan, banyak masyarakat yang mempelesetkan LSM sebagai lembaga suka meras. Hal itu terjadi karena banyak LSM tidak jelas yang mendatangi kepala desa (kades) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sukoharjo yang kemudian meminta uang.

“Selama ini banyak LSM dari luar Sukoharjo yang datang, mencari masalah yang ujung-ujungnya duit. Hal itu membuat image nagatif untuk LSM,” ujarnya.

Nantinya, ujar Didik, FK LSM akan meminta Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sukoharjo untuk membuat surat edaran untuk kades/lurah, camat, dan juga OPD terkait daftar LSM resmi di Sukoharjo. Hal itu untuk antisipasi maraknya oknum yang mengatasnamakan LSM. “LSM yang datang harus bisa menunjukkan Surat Keterangan Terdaftar atau SKT. Kalau tidak bisa, silahkan diusir saja,” tandasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *