Ada Puluhan Arca Kuno di Sekitar Kampus Univet Sukoharjo, Umurnya Ribuan Tahun

Juru Pelihara Rumah Arca Sukoharjo I, Sadimin membersihkan yoni.

Sukoharjonews.com – Tidak banyak yang tahu kalau ternyata di sekitar Kampus Universitas Veteran (Univet) ada hampir 100 arca kuna. Benda Cagar Budaya (BCB) yang disimpan di Rumah Arca Sukoharjo I itu kebanyakan berupa yoni dan lingga dari batu. Benda-benda peninggalan sejarah Mataram Kuna itu ditemukan di berbagai wilayah di Sukoharjo.

Juru Pelihara Rumah Arca Sukoharjo I, Sadimin mengatakan di tempat penyimpanan tersebut ada 96 BCB. Terdiri dari 45 BCB yang letakkan di luar ruangan dan 51 BCB di dalam ruangan. “Yang ada di sini kebanyakan yoni dan lingga. Dan semua ini ditemukan di wilayah Sukoharjo dan kebanyakan di temukan di wilayah Gatak dan Pajang,” kata Sadimin, Kamis (12/10).

Petugas Balai Pelestarian Benda Cagar Budaya (BPCB) Jateng itu menjelaskan, yoni melambangkan perempuan dan lingga melambangkan laki-laki. Jadi dua jenis benda kuna itu melambangkan kesuburan. “Biasanya kalau di suatu tempat ada yoni dan lingga, berarti di situ subur dan cocok untuk bertani,” imbuhnya.

Sadimin menambahkan, sejauh tidak ada penmbahan maupun pengurangan BCB di tempat tersebut. Yang jelas, tidak ada pungutan biaya untuk masuk Rumah Arca yang didirikan tahun 1995-1996 itu. Selama ini kebanyak pengunjung dari siwa-siswa Sekolah Dasar (SD).

“Tempat ini selain untuk pemeliharaan benda cagar budaya juga menjadi tempat edukasi, jadi tidak dipungut biaya,” katanya.

Terkait perawatan, Sadimin menjelaskan, perawatan BCB ada teknik tersendiri. Menurutnya selama ini BCB di sana dibersihkan dengan cara metode manual basah. Artinya dibersihkan dengan sikat atau sapu lidi dan bila perlu dibasahi air.

“Bisa juga dikasih air dan disikat yang penting tidak merusak pori-pori BCB-nya,” terangnya. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *