Penderita Hipertensi, Coba Konsumsi Makanan Ini!

Makanan yang bagus untuk penderita hipertensi.(Foto: halodoc)

Sukoharjonews.com – Hipertensi, atau penyakit darah tinggi, adalah suatu keadaan yang tidak boleh disepelekan. Penurunan darah tinggi, tidak hanya dibantu oleh obat dokter, namun juga memerlukan perhatian pada makanan yang dikonsumsi. Modifikasi gaya hidup dan kontrol asupan makanan, telah terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu penurunan tekanan darah.


Untuk mengoptimalkan terapi dalam hipertensi, pasien sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat membantu penurunan tekanan darah. Dikutip dari Mother and Beyond, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Kamis (16/5/2024), inilah makanan yang bagus dikonsumsi bagi penderita hipertensi:

1. Biji Labu
Biji labu mengandung berbagai nutrisi yang mampu membantu menjaga tekanan darah, seperti magnesium, potasium, dan arginin. Minyak biji labu juga terbukti dapat berperan sebagai obat alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi, seperti yang dinyatakan oleh studi yang dimuat jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice.

2. Beri-berian
Berbagai buah beri mengandung antioksidan tinggi, termasuk antosianin, yakni pigmen yang memberikan beri berwarna cerah. Antioksidan ini akan membantu tubuh menjaga tekanan darah. Blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan strawberry adalah beberapa contoh buah beri yang terkenal mampu membantu menjaga tekanan darah.


3. Pisang
Kaya akan potasium, pisang bisa membantu menjaga tekanan darah Anda. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung potasium sekitar 422 miligram. Menurut American Heart Association, potasium dapat menurunkan dampak dari sodium (yang terkenal bisa meningkatkan tekanan darah) dan melancarkan tekanan pada pembuluh darah. Namun, jika Anda juga memiliki penyakit ginjal, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan pisang pada pola makan reguler Anda.

4. Wortel
Wortel kaya akan asam klorogenik, p-coumaric, dan caffeic, yang bisa merelaksasikan pembuluh darah dan mengurangi inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah Anda. Dibandingkan dengan wortel yang sudah dimasak, wortel mentah dapat lebih bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah, seperti yang dinyatakan oleh sebuah penelitian yang dimuat Journal of Human Hypertension.


5. Seledri
Seledri kaya akan phthalides, yang dipercaya mampu membantu merelaksasikan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah, menurut sebuah penelitian. Studi ini juga menemukan bahwa mengonsumsi seledri yang sudah dimasak berkaitan erat dengan penurunan tekanan darah.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *