Pemkot Solo Promosikan Produk UMKM di Paris, Apa Produk yang Dibawa?

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat jumpa pers Promosi Produk Kreatif Indonesia ke Paris. (Foto: Pemkot Solo)

Sukoharjonews.com (Solo) – Pemkot Solo membuat terobosan untuk mempromosikan produk lokal UMKM. Terobosan yang dilakukan adalah dengan memberangkatkan tim promosi produk UMKM ke Kota Mode, Paris Perancis pada 4-9 Juni mendatang.


Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, Pemkot Solo akan mengikuti Promosi Produk Kreatif Indonesia ke Paris. “Keikutsertaan produk unggulan UMKM Kota Solo agar produk UMKM Solo lebih mudah dikenal dan diterima pasar mancanegara,’ ujar Gibran, dikutip dari laman Pemprov Jateng, Rabu (25/5/2022).

Dikatakan Gibran, pameran produk Kota Solo juga bakal disertai dengan pertunjukan budaya tradisional yang bisa memperkuat branding karena produk dinilai memiliki akar budaya yang kuat. Misalnya batik dan barang kerajinan.

Gibran mengatakan, keberangkatan tim UMKM dan budaya ke Paris tersebut merupakan aktualisasi upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Surakarta di kampus ekspor Shopee, yang telah dibina dan diinkubasi selama ini.

“Sudah saatnya kita pamerkan barang unggulan UMKM kita. Kita sudah seleksi barang unggulan UMKM mana yang kita bawa ke sana,” ujar Gibran.

Sedangkan Executive Director Shopee Indonesia, Handika Jahja, menerangkan bahwa keikutsertaan produk UMKM Kota Solo ke Paris merupakan kolaborasi antara Shopee dengan Pemkot Solo, dengan kerja sama KBRI di Perancis, untuk mempromosikan budaya kreatif Kota Solo.

“Even budaya kreatif menjadi solusi budaya kreatif Kota Solo, berupa barang dan karya seni di branding secara internasional. Paris sebagai benchmark sebuah produk diakui dunia atau internasional, maka Paris dipilih. Dan orang Eropa menilai barang karena punya karakter kuat. Dan itu umumnya dimulai (dari) pengakuan di Paris,” ungkapnya.

Ditambahkan, pementasan budaya tradisional menjadi pendorong utama produk, diakui memiliki akar kuat secara tradisional dan turun temurun.

Produk yang akan ditampilkan nantinya berupa fashion, handicraft dan produk kreatif lokal. Juga ditampilkan budaya tradisi serta didukung performa Anggun C Sasmi.

“Sangat representatif barang yang akan dipamerkan, karena telah melalui proses yang panjang. Produk yang ditampilkan juga yang sudah memiliki nama atau merek dikenal umum. Ada brand wellknown di Kota Solo ikut disertakan ke Paris,” katanya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *