Pemkab Sukoharjo Siap Bangun Taman Budaya Dengan Estimasi Anggaran Rp6 Miliar

Kepala Disdikbud Sukoharjo, Darno.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukoharjo berkomitmen untuk melestarikan seni budaya. Salah satu upayanya adalah dengan membangun Taman Budaya Sukoharjo (TBS). Nantinya, TBS tersebut serupa dengan Taman Budaya Jawa Tengah di Kota Solo sehingaga tidak sekadar Gedung Kesenian karena TBS merupakan gedung terpadu.




“Sudah ada rencana untuk membangun TBS. Rencananya, lokasi pembangunan di Kelurahan Gayam,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Darno, Sabtu (25/9/2021).

Darno mengaku, awalnya banyak yang mengusulkan pembangunan Gedung Kesenian. Namun setelah paparan dan menyesuaikan dengan visi-misi bupati, diputuskan membangun Taman Budaya yang lebih selaras. Nantinya, TBS tersebut akan terdapat teater tertutup, lokasi pameran seni, pentas budaya, lokasi permainan anak tradisional, tempat olahraga, taman dan lainnya.

Dalam satu lokasi TBS, lanjut Darno, terdapat berbagai macam arena atau lokasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Dengan kata lain TBS merupakan lokasi untuk mewadahi aktivitas masyarakat, khususnya aktivitas budaya. Menurut Darno, yang namanya budaya tidak hanya mewadahi seni saja, tetapi ada berbagai macam termasuk manuskrip.

“Lahan yang ada sekitar 14.000 meter persegi di Kelurahan Gayam yang dulunya diwacanakan untuk membangun waterboom,” kata Darno.

Darno menambahkan, saat ini rencana pembangunan TBS tersebut sudah masuk Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk pembuatan Detailed Engineering Design (DED) dengan anggaran sekitar Rp500 juta. Pembangunan fisik TBS diproyeksikan dilakukan tahun 2022 mendatang dengan estimasi anggaran sekitar Rp6 miliar.

“Kalau sudah terealisasi, dari 35 kabupaten/kota di Jateng baru Sukoharjo yang punya. Kalau TBJT di Kota Solo itu milik Provinsi Jateng,” tambah Darno. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed