Pasar Gawok Jadi Pilot Project Quick Respon Indonesia Standard, Apa Itu?

Peresmian aplikasi QRIS di Pasar Gawok sebagai pilot project. QRIS sendiri merupakan aplikasi pembayaran non tunai.

Sukoharjonews.com (Gatak) – Pasar Gawok Kecamatan Gatak dijadikan pilot project aplikasi Quick Respon Indonesia Standard (QRIS) oleh Bank Indonesia. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi uang elektronik, dompek elektronik, atau mobil banking. Dengan kata lain, QRIS merupakan aplikasi pembayaran non tunai. Implementasi QRIS sendiri secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020 mendatang.



Implementasi pembayaran QRIS di Pasar Gawok ini secara langsung diresmikan Asisten II Sekda Sukoharjo, Widodo. Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Asisten Direktur BI Perwakilan Solo, Bakti Artanta dan juga Deputi Direktur Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Ricky Satria. Hadir pula Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo, RM Suseno Wijayanto dan dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Sutarmo.

Terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah mempercayakan pasar tradisional Gawok sebagai pilot project pembayaran QRIS,” ujar Asisten II Sekda, Widodo.

Menurutnya, seiring kemajuan teknologi, sudah saatnya pembayaran dilakukan melalui sistem digitalisasi ataunon tunai. Tak dipungkiri butuh waktu untuk menyesuaikan standar itu, dan tidak semudah membalikkan telapak tangan karena masyarakat khusunya pedagang pasar tidak terbiasa dengan sistem pembayaran non tunai. Widodo beeharap pilot project di Pasar Gawok ini akan dikembangkan dan dapat menjadi contoh bagi pasar pasar lainya di wilayah Kabupaten Sukoharjo yang memiliki 15 pasar tradisional.

Sedangkan Asisten Direktur Perwakilan BI Solo, Bakti Artanta mengatakan, peresmian tersebut merupakan tindak lanjut peluncuran QR Code Indonesia Standard alias QRIS oleh Bank Indonesia yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Indonesia ke-74. Bakti mengaku optimistis pasar tradisional Gawok yang dipilih sebagai pilot project pembayaran non tunai QRIS di Sukoharjo dapat berjalan lancar. “Kami melihat pedagang Pasar Gawok semangat dalam menyambut program ini. Sebenarnya kita hanya merubah pola pembayaran saja dari tunai ke non tunai. Dengan pembayaran non tunai, membuat kita semakin mudah,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *