Paramount Bersiap Membuat Ulang ‘Vertigo’ Hitchcock, Robert Downey Jr. Menatap Peran Utama

Robert Downey Jr. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Jika Anda ingin membuat ulang film, mengapa tidak membuat ulang salah satu film paling terkenal yang pernah dibuat? Paramount Pictures sebelumnya telah memperoleh remake dari film thriller psikologis klasik Alfred Hitchcock tahun 1958 “Vertigo,” sebagai kendaraan yang mungkin dibintangi oleh Robert Downey Jr. Aktor ini memproduksi proyek tersebut bersama istrinya Susan Downey melalui perusahaan produksi Team Downey mereka, bersama dengan John Davis dan John Fox melalui Davis Entertainment.


Dilansir daru Variety, Jumat (24/3/2023), pencipta “Peaky Blinders” Steven Knight diatur untuk menulis naskah, bersemangat pada komitmennya untuk menulis film “Star Wars” tanpa judul untuk Lucasfilm, seperti yang dilaporkan Variety pada hari Rabu.

Downey tidak menonjolkan diri sebagai aktor sejak rilis “Avengers: Endgame” tahun 2019, yang merupakan salah satu film terlaris yang pernah dibuat, dan “Dolittle” tahun 2020. Dia memproduseri dan muncul dalam film dokumenter “Sr.,” tentang ayahnya, dan dia selanjutnya akan muncul Juli ini dalam epik sejarah Christopher Nolan “Oppenheimer” berlawanan dengan Cillian Murphy. Tapi sebaliknya, kartu dansa Downey tetap terbuka.


“Vertigo” asli dibintangi oleh James Stewart sebagai John “Scottie” Ferguson, seorang detektif polisi San Francisco yang pensiun karena ketakutan yang melumpuhkan akan ketinggian yang disebabkan oleh kasus vertigo yang parah. Setelah dia disewa untuk membuntuti istri seorang kenalan, Madeleine (Kim Novak), Scottie menjadi terobsesi dengannya, tetapi ketakutannya membuatnya tidak berdaya untuk menyelamatkannya saat dia memanjat menara Misi Spanyol dan terjun ke kematiannya. Dan kemudian segalanya menjadi sangat aneh.

“Vertigo” tidak sukses besar ketika pertama kali dirilis di bioskop, dan itu memecah kritik. Tetapi pada 1980-an, itu mulai mendapat pengakuan sebagai mahakarya. Pada tahun 1982, dalam survei film terbaik yang pernah dibuat oleh publikasi Sight and Sound British Film Institute (dilakukan setiap 10 tahun), “Vertigo” memecahkan 10 besar, dan terus mendaki daftar, mencapai slot nomor satu di survei 2012.


Film ini telah melampaui novel Prancis yang menginspirasinya, “D’entre les morts,” atau “The Living and the Dead,” oleh Boileau-Narcejac (nama pena untuk mitra penulis Pierrer Bolieau dan Pierre Ayraud). Buku ini mengikuti alur cerita yang sama dengan “Vertigo”, tetapi berlatar di Paris selama puncak Perang Dunia II. (Akhirnya juga jauh berbeda.)

Beberapa film Hitchcock telah dibuat ulang selama bertahun-tahun, yang paling terkenal adalah remake shot-for-shot dari “Psycho” tahun 1960-an oleh Gus Van Sant pada tahun 1998. Hitchcock bahkan membuat ulang dirinya sendiri, mengulang film thriller tahun 1934 “The Man Who Knew Too Much” pada tahun 1956 dengan Stewart dan Doris Day.

Para pembuat film seperti Brian De Palma (dengan “Obsession” dan “Body Double”), David Lynch (dengan “Mulholland Drive”) dan Mel Brooks (dengan “High Anxiety”) telah menarik banyak inspirasi dari “Vertigo” khususnya. Tapi tidak ada studio Amerika yang mencoba membuat ulang langsung sampai sekarang. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *