Ragam  

Pamitan Bupati, Sebanyak 834 Jemaah Calon Haji Sukoharjo Dibekali Jasket Merah dan Sambal Pecel

Secara simbolis Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memakaikan jasket warna merah kepada perwakilan haji tertua, Rabu (5/6/2024).

Sukoharjonews.com – Sebanyak 834 jemaah calon haji (calhaj) Sukoharjo pamitan kepada Bupati, Etik Suryani di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (5/6/2024). Dalam kesempatan itu, calhaj dibekali jasket warna merah dan juga paket lauk pauk seperti sambal pecel.


Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Abdul Rochman, menyampaikan dari 834 calhaj yang berangkat tahun ini delapan diantaranya merupakan lanjut usia (lansia) dengan usia diatas 80 tahun.

“Tahun ini calhaj yang berangkat turun jika dibandingkan 2023. Tahun ini, calhaj tertua berusia 89 tahun dan yang termuda berusia 20 tahun. Jemaah akan berangkat ke Tanah Suci pada 8 Juni,” ujarnya.

Abdul Rochman melanjutkan, 834 calhaj Sukoharjo terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter). Masing-masing kloter 97 yang bergabung dengan Kabupaten Klaten, Kloter 98 Sukoharjo, dan Kloter 99 bergabung dengan Kabupaten Wonogiri.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berharap jemaah haji Sukoharjo dapat menjalani semua sunah, wajib dan rukun haji dengan lancar dan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa kembali pulang sebagai haji mabrur.


“Saya berharap selama di Tanah Suci untuk selalu menjaga kesehatan dan juga kekompakan dan menjalankan semua ibadah dengan ikhlas,” ujarnya.

Etik juga meminta pada jemaah untuk mendoakan Kabupaten Sukoharjo selalu diberikan kekuatan dan kemudahan sehingga apa yang dicita-citakan mewujudkan Sukoharjo lebih makmur bisa terwujud.

“Untuk jasket warna merah ini sangat berguna di Tanah Suci karena akan memudahkan jemaah semua mengenali teman sesama dari Sukoharjo. Untuk lapuk pauk seperti sambel pecel dan klengkam saya harap juga bisa membantu jemaah selama menunaikan ibadah haji,” tambahnya.

Bupati juga berpesan pada semua jemaah untuk selalu menjaga kesehatan karena suhu di Arab Saudi sangat panas. “Sering-sering minum air putih agar tidak dehidrasi,” tambahnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *