Oppo Pad Air vs Honor Pad 8: Perbandingan Spesifikasi

Oppo Pad Air vs Honor Pad 8. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Honor baru saja ambil bagian dalam IFA 2022 dan mengumumkan strategi Dual Flagship barunya termasuk peluncuran ponsel tradisional baru dan ponsel lipat baru. Selain Honor 70 baru, merek tersebut mengumumkan Honor Pad 8 baru untuk pasar Eropa. Beberapa hari sebelumnya, Oppo meluncurkan tablet pertamanya, yakni Oppo Pad Air.


Dikutip dari Gizmochina, Senin (5/9/2022), kedua perangkat tersebut termasuk dalam kisaran yang sama dan memiliki spesifikasi yang serupa, tapi manakah yang terbaik? Tidak ada cara yang lebih baik untuk memahaminya selain artikel seperti ini. Ini adalah perbandingan antara spesifikasi utama Oppo Pad Air dan Honor Pad 8 yang akan menyoroti perbedaan utama antara dua tablet hebat ini untuk segmen terjangkau.

Oppo Pad Air vs Honor Pad 8

Oppo Pad Air Honor Pad 8
DIMENSIONS AND WEIGHT245.1 x 154.8 x 6.9 mm, 440 grams278.5 x 174.1 x 6.9 mm, 520 g
DISPLAY10.36 inches, 1200 x 2000p (Full HD+), IPS LCD12 inches, 1200 x 2000p (Full HD+), IPS LCD
PROCESSORQualcomm Snapdragon 680 4G, octa-core 2.4 GHzQualcomm Snapdragon 680 4G, octa-core 2.4 GHz
MEMORY4 GB RAM, 64 GB – 4 GB RAM, 128 GB – 6 GB RAM, 128 GB – micro SD slot4 GB RAM, 128 GB – 6 GB RAM, 128 GB
SOFTWARE Android 12, ColorOSAndroid 12, Magic UI
KONEKTIVITASWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, GPSWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, GPS
CAMERASingle 8 MP f/2.0
5 MP f/2.2 front camera
Single 5 MP
5 MP front camera
BATTERY7100 mAh, fast charging 18W7250 mAh, fast charging 22.5W
FITUR TAMBAHANStylus supportReverse charging, stylus support

Desain
Desain Oppo Pad Air pasti lebih kurasi. Ini memiliki sisi belakang yang terbuat dari dua bagian dengan tekstur yang sangat halus termasuk logam. Ini lebih kompak daripada Honor Pad 8 dan bahkan lebih ringan, tetapi tidak ada banyak perbedaan antara baterai kedua perangkat ini. Oppo Pad Air adalah pemenang perbandingan desain. Ini memiliki rasio layar terhadap tubuh yang sangat tinggi dengan tampilan mengambil lebih dari 80 persen panel depan. Ketipisannya hanya 6,9 mm dan memiliki satu kamera di sisi belakang.

Sayangnya, tidak ada pembaca sidik jari, tetapi ini membuat desain lebih bersih. Dimensi keseluruhannya adalah 245,1 x 154,8 x 6,9 mm dan beratnya 440 gram. Honor Pad 8 memiliki desain unibody aluminium penuh dan rasio layar terhadap bodi yang sangat tinggi, tetapi kurang mengesankan dibandingkan pesaingnya dalam hal desain, dan bahkan lebih besar dan lebih berat.


Display
Tampilan kedua tablet ini kurang lebih memiliki kualitas gambar yang sama. Mereka adalah panel IPS LCD yang mampu menampilkan hingga satu miliar warna dengan resolusi Full HD+ 1200 x 2000 piksel. Kami tidak berbicara tentang layar kelas atas karena mereka bahkan bukan panel OLED, tetapi mereka masih memiliki reproduksi warna yang bagus dan mereka adalah panel yang cukup bagus jika kami menganggap bahwa perangkat ini adalah tablet.

Dalam kisaran harga ini, tidak mudah untuk menemukan tampilan yang lebih baik. Namun yang benar-benar berbeda antara kedua panel ini adalah ukurannya: Honor Pad 8 memiliki panel 12 inci yang lebih besar, sedangkan Oppo Pad Air hanya berukuran 10,36 inci. Ini membuat Honor lebih baik untuk produktivitas, pembelajaran, dan pengguna tingkat lanjut. Lebih lanjut, Honor Pad 8 harus memberikan pengalaman audio yang superior karena dilengkapi dengan delapan speaker, bukan hanya empat speaker seperti tablet Oppo.

Spesifikasi & Perangkat Lunak
Oppo Pad Air dan Honor Pad 8 didorong oleh platform seluler yang sama: chipset Snapdragon 680 oleh Qualcomm yang dibuat dengan proses produksi 6 nm. Ini adalah SoC kelas menengah dengan arsitektur octa-core yang terdiri dari empat custom core Kryo 265 Gold yang berjalan pada frekuensi maksimal 2,4 GHz, empat custom core Kryo 265 Silver yang berjalan pada 1,9 GHz, dan GPU Adreno 610. Ini adalah prosesor yang cukup untuk setiap penggunaan dan dipasangkan dengan RAM hingga 6 GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 hingga 128 GB.

Dalam hal kinerja, ini pada dasarnya adalah seri. Hanya ada satu perbedaan penting: penyimpanan internal tablet Oppo dapat diperluas dengan micro SD, sedangkan Honor Pad 8 tampaknya tidak memiliki slot micro SD. Last but not least, OPPO Pad Air tampaknya memiliki perangkat lunak yang lebih baik: kita berbicara tentang ColorOS untuk Pad berdasarkan Android 12: versi antarmuka pengguna ColorOS yang dirancang khusus untuk tablet.


Kamera
Sekali lagi, jika Anda mencari kamera yang lebih baik, Anda harus memilih Oppo Pad Air. Di sisi belakang, ia menampilkan penembak 8 MP yang hebat dengan aperture fokus f / 2.0: jelas lebih baik daripada penembak 5 MP yang mengecewakan dari Honor Pad 8. Kamera depan kurang lebih pada level yang sama, dengan resolusi 5 MP. Ini bukan tablet yang bagus untuk memotret, tetapi cukup untuk pemotretan darurat.

Baterai
Honor Pad 8 adalah tablet yang lebih besar dan juga dilengkapi dengan baterai yang lebih besar, tetapi perbedaan antara kapasitas baterai hanya sedikit: 7250 mAh melawan 7100 mAh. Namun, ini seharusnya cukup untuk membuat tablet Honor bertahan lebih lama dengan sekali pengisian daya. Lebih lanjut, Honor Pad 8 adalah satu-satunya yang mendukung pengisian daya terbalik dan pengisian daya lebih cepat berkat teknologi pengisian daya 22,5W yang lebih cepat.

Harga
Harga awal Oppo Pad Air untuk pasar Eropa adalah 300 Euro atau Rp4,4 jutaan untuk varian dasar dengan RAM 4 GB dan penyimpanan asli 128 GB, sedangkan Anda memerlukan 330 Euro atau Rp4,8 jutaan untuk membeli varian dasar Honor Pad 8 mengemas konfigurasi memori yang sama. Saya pribadi lebih suka Oppo karena slot micro SD-nya, desain yang lebih baik, dimensi yang lebih ringkas, perangkat lunak yang hebat, dan kamera yang lebih baik, tetapi Honor Pad 8 memiliki baterai yang lebih besar dan layar yang lebih besar. Mana yang akan Anda pilih? (nano)


Oppo Pad Air vs Honor Pad 8: Kelebihan dan Kekurangan

Oppo Pad Air
Kelebihan
– Lebih kompak
– Kamera belakang yang lebih baik
– ColorOS untuk Pad
– Desain yang lebih baik
– Slot Micro SD

Kekurangan
– Tampilan lebih kecil

Honor Pad 8
Kelebihan
– Tampilan lebih lebar
– Baterai lebih besar
– Pengisian lebih cepat
– Delapan pembicara

Kekurangan
– Dimensi.


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *